https://www.regalianews.com

Bakamla RI Gelar Latihan Bersama KKPH Tahun 2023 di Batam

Batam

Bakamla RI Gelar Latihan Bersama KKPH Tahun 2023 di Batam
Foto Istimewa

Regalia News – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksamana Muda TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., secara resmi membuka Latihan Bersama (Latma) Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum (Latma KKPH) di Laut Tahun 2023. Acara pembukaan berlangsung di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, pada Kamis (16/11/2023).

Latihan ini akan berlangsung selama 4 hari, hingga tanggal 17 November 2023, di wilayah Zona Bakamla Barat. Kegiatan melibatkan berbagai instansi terkait dan teknis, dan akan mencakup pembekalan di kelas serta latihan manuver kapal di Pelabuhan Batu Ampar. Partisipan latihan termasuk unsur patroli dari Bakamla RI, Polair, KPLP, Ditjen Bea Cukai, dan PSDKP, bersama dengan satu unsur kapal target. Total 280 personel terlibat dalam Latma KKPH 2023 ini.

Tujuan utama dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan sinergitas antara pihak-pihak pengaman laut dalam pelaksanaan operasi bersama secara optimal. Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk memperdalam pemahaman materi dan meningkatkan kemampuan praktis personel terkait penanganan tindak pelanggaran keamanan di laut.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan kilas balik pelaksanaan Latihan Bersama sebelumnya, pemaparan oleh narasumber terkait IUU Fishing, Tindak Pidana Perdagangan/Penyelundupan Orang (TPPO), perlindungan lingkungan maritim, serta pencarian dan pertolongan. Selanjutnya, dilakukan pemaparan rencana latihan bersama dalam bentuk Tactical Floor Game (TFG), serta latihan manuver lapangan.

Materi yang diajarkan mencakup proses pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan yang benar dan aman. Koordinasi dan komunikasi dalam Operasi Bersama, simulasi penyelesaian tindak pidana di laut, serta keterpaduan pola pikir dan tindakan peserta juga menjadi fokus latihan. Diskusi dan pemecahan masalah terkait isu keamanan laut saat ini juga menjadi bagian dari kegiatan ini.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1