83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Kapuspen TNI Kepada Mahasiswa Unas: Tingkatkan Interpersonal Skill, Kreatif Inovatif

Pendidikan

Kapuspen TNI Kepada Mahasiswa Unas: Tingkatkan Interpersonal Skill, Kreatif Inovatif
Foto Istimewa

Regalia News – Kunjungan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional ke Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Puspen TNI). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang peran dan fungsi TNI dalam konteks informasi dan penerangan.Nov 16, 2023

Kapuspen TNI, Laksda TNI Julius Widjojono, yang diwakili oleh Wakapuspen TNI, Brigjen TNI Teguh Pudji, menyampaikan amanat yang menekankan bahwa Puspen TNI adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Markas Besar TNI. Fungsinya adalah untuk membina dan menyelenggarakan fungsi penerangan di lingkungan TNI secara terpadu dan berlanjut. Salah satu tugasnya adalah mengolah informasi menjadi bahan publikasi kepada publik dan keluarga besar TNI.

Kapuspen TNI juga menyoroti peran Puspen TNI sebagai penjuru terdepan dalam menghadapi berbagai ancaman yang bersifat multi dimensi di era globalisasi dan kemajuan digital. Dalam menghadapi tantangan ini, Puspen TNI diharapkan mampu melakukan komunikasi publik secara dua arah (two way communications), yang sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi.

Puspen TNI sedang dalam proses pergantian nomenklatur, di mana pergantian nama dianggap penting sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi. Perubahan ini sejalan dengan upaya TNI untuk melakukan komunikasi publik yang lebih efektif dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Selama kunjungan, mahasiswa mendapatkan materi yang mencakup beberapa topik, antara lain, peran media sosial dalam publikasi TNI, Binter TNI dalam perspektif Stakeholder Relations, dan peningkatan kemampuan public relation di TNI. Materi disampaikan oleh narasumber yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang tersebut, seperti Kolonel (KH) Bayu Kurnianto, S. Kom., M. T.I., CHRMP, Letkol Kav Catur Setyo Wibowo, S.Pd, M.Sc., dan Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio.

Kapuspen TNI berharap kunjungan ini tidak hanya memperluas pengetahuan mahasiswa, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan interpersonal skill, kreativitas, kemampuan analisis, dan pemahaman mendalam terhadap peran TNI dalam menyajikan informasi kepada publik. Selain itu, diharapkan bahwa kegiatan ini dapat membantu mahasiswa mengaitkan teori yang mereka pelajari di bangku kuliah dengan aplikasinya dalam konteks nyata, serta mengembangkan diri sebagai generasi penerus bangsa yang handal di bidang komunikasi dan public relations.

Editor : Abdullah

Sumber : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1