47.91 F
Kepualauan Riau
April 14, 2024
https://www.regalianews.com

Bantuan Rumah Apung, Wujud Pengabdian Unhan RI Kepada Masyarakat

Ekonomi

Bantuan Rumah Apung, Wujud Pengabdian Unhan RI Kepada Masyarakat
Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) kembali menunjukkan kiprahnya dalam mengimplementasikan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Regalia News – Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) telah memperlihatkan dedikasinya dalam menerapkan salah satu aspek penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Melalui program bhakti sosial, Unhan RI bersama Kemhan turut serta dalam penataan kampung nelayan di Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.Selasa, 13 Februari 2024.

Penataan ini mencakup pembangunan rumah apung dan rumah panggung bagi masyarakat nelayan setempat. Tujuan utama dari bantuan ini adalah untuk membantu masyarakat nelayan menghadapi masalah banjir dan menyediakan akses air bersih, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Konsep rumah apung dan rumah panggung bukanlah sekadar struktur bangunan yang mengapung di atas air, tetapi merupakan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir.

Program ini akan semakin berhasil jika dapat terintegrasi dengan baik dengan kearifan lokal, kondisi geografis, dan mata pencaharian penduduk setempat, sehingga dapat memberikan pemukiman yang layak bagi masyarakat nelayan.

Selain pembangunan rumah apung dan rumah panggung, Unhan RI juga telah membangun sejumlah fasilitas pendukung lainnya, seperti taman, fasilitas olahraga, pedestrian apung, jembatan apung, PLTS off grid, instalasi desalinasi air laut, dan pengolahan air limbah.

Program ini mencerminkan komitmen Unhan RI dalam memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian yang terencana dan terstruktur. Diharapkan bahwa kondisi kampung nelayan di Kelurahan Pluit akan semakin membaik dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut akan meningkat.

Sebanyak 72 jiwa akan menempati rumah apung dan rumah panggung yang dibangun oleh Kemhan dan Unhan RI. Dari jumlah tersebut, 51 jiwa akan mendiami 12 unit rumah panggung, sementara 21 jiwa akan tinggal di 6 unit rumah apung.

Selain itu, masyarakat di Kecamatan Penjaringan juga akan mendapatkan manfaat dari pembangunan Gedung Fasilitas Umum, Taman & Fasilitas Olah Raga seluas 300 M2. Pembangunan juga mencakup 8 unit pedestrian apung dan 2 unit jembatan apung.

Editor : Abdullah
Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1