71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

Menhan Prabowo Bertemu Puluhan Ribu Petani dan Peternak: Ketahanan Nasional Tergantung Pangan

Pertanian

Menhan Prabowo Bertemu Puluhan Ribu Petani dan Peternak: Ketahanan Nasional Tergantung Pangan
Kelompok Tani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Se-Provinsi Jawa Barat

Regalia News – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, merespon undangan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, untuk memberikan pengarahan pada acara Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Nasional Melalui Peningkatan Peran Kelompok Tani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Se-Provinsi Jawa Barat, yang diselenggarakan di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Selasa (30/1).

Prabowo menyampaikan pentingnya ketahanan nasional yang sangat tergantung pada pertahanan pangan. Dia menekankan bahwa ketahanan pangan secara langsung bergantung pada peran petani, buruh, dan nelayan.

Selain itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pertanian dan para Penyuluh Pertanian, serta mengakui kontribusi Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai motor penggerak dalam mencapai ketahanan pangan nasional.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa Sumedang menjadi daerah pertama yang mengembangkan food estate partisipatif dengan dukungan perguruan tinggi dalam kegiatan KKN Tematik.

Untuk mendukung program ini, Kementan akan memberikan perhatian khusus pada Sumedang dengan mengalokasikan dana sebesar Rp 23 miliar untuk bantuan pertanian, termasuk pupuk, ternak, dan sarana pertanian lainnya.

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi peluang penting untuk pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Sumedang, yang diharapkan akan berdampak positif pada sektor ekonomi dan pariwisata.

Ia menekankan bahwa kegiatan ini menjadi bekal berharga bagi pemerintah kabupaten dalam mengakselerasi pembangunan Sumedang, khususnya untuk memperkuat kemandirian ketahanan pangan sebagai antisipasi terhadap El Nino.

Herman menyebut kegiatan ini sebagai “magic moment,” yang memberikan motivasi dan inspirasi kepada petani Sumedang, serta memberikan stimulus yang penting untuk kesejahteraan rakyat. Ia juga menyoroti pentingnya persiapan menghadapi tantangan seperti El Nino dan perubahan iklim, dengan fokus pada kemandirian ketahanan pangan.

Rangkaian kegiatan tersebut juga melibatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk petani, peternak, LMDH, dan Penyuluh Pertanian, serta sosialisasi penebusan pupuk bersubsidi.

Acara dihadiri oleh berbagai tokoh seperti Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Suhartono.M Tr (Han), Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatmiko, Kapolda Jabar Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si, Kepala Satgas Pangan Mentan RI Brigjen Pol. Whisnu Hermawan, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Ir.Yadi Sofan Noor, S.H, serta pejabat Forkopimda Jawa Barat.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1