79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Koordinasi Tahunan PPATK, Bagja: Terdapat Peserta Tidak Patuh Laporkan Dana Kampanye

Politik

Koordinasi Tahunan PPATK, Bagja: Terdapat Peserta Tidak Patuh Laporkan Dana Kampanye
Terdapat Peserta Tidak Patuh Laporkan Dana Kampanye

Regalia News – Pernyataan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rahmat Bagja, memberikan gambaran tentang fokus pengawasan Bawaslu terhadap tahapan kampanye dalam Pemilu 2024.

Beberapa aspek yang menjadi perhatian utama melibatkan kelengkapan dokumen, lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), keterlibatan pihak yang dilarang, dan potensi penyalahgunaan sumber daya negara dan dana asing.

“Selain itu, juga ditekankan pada pelaporan dana kampanye yang patut diawasi agar tidak terjadi manipulasi data”.tuturnya dalam Pertemuan Koordinasi Tahunan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Selasa (30/1/2024) di Jakarta.

Rahmat Bagja menjelaskan bahwa Bawaslu telah menyiapkan beberapa upaya pencegahan untuk menekan terjadinya pelanggaran dalam proses kampanye. Upaya tersebut melibatkan penyusunan alat kerja pengawasan, pemastian peraturan teknis Bawaslu yang komprehensif, pengawasan melekat secara langsung, dan penyandingan data.

Selain itu, analisis data pengawasan, mencari sumber data alternatif, menindaklanjuti laporan masyarakat, dan koordinasi dengan penyelenggara pemilu dan stakeholder juga menjadi bagian dari strategi pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu.

Ketua Bawaslu menegaskan bahwa lembaga tersebut memiliki kewenangan penuh dalam pengawasan Pemilu 2024, mulai dari upaya pencegahan, penindakan terhadap pelanggaran pemilu, hingga penyelesaian sengketa proses pemilu. Selain itu, Bawaslu juga bertanggung jawab untuk mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, dan Polri serta mencegah praktik politik uang.

Pertemuan Koordinasi Tahunan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menjadi platform untuk menyampaikan strategi dan langkah-langkah yang telah diambil oleh Bawaslu dalam menjalankan fungsi pengawasannya menjelang Pemilu 2024.

Editor : Abdullah

Sumber : Bawaslu RI

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1