47.91 F
Kepualauan Riau
April 14, 2024
https://www.regalianews.com

Satgassus Polri Lakukan Pencegahan Korupsi Illegal Drilling

Hukum & Kriminal

Satgassus Polri Lakukan Pencegahan Korupsi Illegal Drilling
Foto Istimewa

Regalia News – Satgas Pencegahan Korupsi Polri terus berupaya mencegah illegal drilling dengan berkolaborasi bersama Ditjen Migas, SKK Migas, dan PT Pertamina Hulu Energi.

Yudi Purnomo, Anggota Satgas, menyatakan bahwa langkah-langkah pencegahan melibatkan Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Kebijakan Penanganan Illegal Drilling di The Westin Jakarta.

FGD ini adalah kelanjutan dari pertemuan pertama di Palembang pada Juli 2023, dihadiri oleh pemangku kepentingan di Jawa dan Sumatera yang menghadapi masalah illegal drilling.

Peserta FGD termasuk Pemerintah Provinsi dan Kabupaten terkait, perwakilan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Energi di daerah, aparat penegak hukum, serta BUMD dan KUD yang mengelola sumur masyarakat.

Dalam FGD pertama, terungkap bahwa ketidakberadaan kebijakan atau regulasi yang komprehensif adalah salah satu permasalahan dalam penanganan illegal drilling, terutama terkait sumur minyak masyarakat tanpa izin atau ikatan kontrak yang sah.

FGD Kedua difokuskan pada solusi perbaikan kebijakan, tata kelola, dan pemberdayaan masyarakat dalam penanganan illegal drilling. Tujuannya adalah mendapatkan masukan untuk solusi komprehensif secara represif maupun preventif.

Harapannya, Ditjen Migas Kementerian ESDM dapat menyusun dan memproses draft regulasi yang mempertimbangkan berbagai kepentingan para pihak terkait.

Iguh Sipurba, Ketua Tim Pencegahan Korupsi Migas, menekankan bahwa draft regulasi pengelolaan minyak dan gas bumi yang komprehensif menjadi langkah penting untuk menanggulangi illegal drilling. Dengan regulasi resmi, diharapkan dapat mencegah potensi perbuatan korupsi.

Satgas Pencegahan Korupsi Polri berkomitmen mendukung pemangku kepentingan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas tata kelola usaha minyak dan gas bumi, khususnya di sektor hulu. Upaya ini dilakukan secara berkesinambungan demi kepentingan negara dan masyarakat Indonesia.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1