83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Tetapkan Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Tersangka Dugaan Pencucian Uang

Hukum & Kriminal

Polri Tetapkan Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Tersangka Dugaan Pencucian Uang
Dirttipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan.

Regalia News – Pendiri Robot Trading ATG, Wahyu Kenzo, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Wahyu Kenzo ditangkap di sebuah hotel di Kota Surabaya pada 4 Maret 2023, dan statusnya sebagai tersangka telah dikonfirmasi oleh Brigjen Pol Whisnu Hermawan, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Proses hukum Wahyu Kenzo sedang ditangani oleh Polres Malang dan Bareskrim Polri. Meskipun Whisnu Hermawan mengonfirmasi status tersangka, belum ada penjelasan rinci mengenai konstruksi kasus TPPU yang menjerat Wahyu Kenzo, termasuk pasal yang dikenakan terhadapnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menyita sebuah rumah mewah tiga lantai milik Wahyu Kenzo di kawasan Kayutangan Heritage Kota Malang. Kasus yang ditangani oleh Polres Malang diduga menimbulkan kerugian sekitar Rp9 triliun dengan total jumlah korban mencapai 25 ribu orang.

Pasal 45 A juncto Pasal 28 Ayat 1 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak satu miliar.

Wahyu Kenzo dihadapkan pada pasal-pasal berlapis, termasuk Pasal 115 juncto Pasal 65 ayat (2) UU RI No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Pasal 45 A juncto Pasal 28 Ayat 1 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, dan Pasal 3 serta Pasal 4 UU RI No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Sanksi yang mungkin dihadapi Wahyu Kenzo mencakup pidana penjara dengan berbagai rentang waktu dan denda yang bervariasi sesuai dengan pasal yang dikenakan

 

Sumber : Humas Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1