83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Penangkapan Narkotika Sukses di Bandara Soekarno – Hatta Menyibak Jaringan Penyelundupan Internasional

Hukum & Kriminal

Penangkapan Narkotika Sukses di Bandara Soekarno - Hatta Menyibak Jaringan Penyelundupan Internasional
Foto Istimewa

Regalia News – Tangerang, 27 Oktober 2023 – Dalam konferensi pers baru-baru ini di Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta pada hari Rabu (25 Oktober), Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, mengungkap keberhasilan intersepsi dua operasi penyelundupan narkotika, satu melibatkan pengiriman internasional dan yang lainnya terkait dengan barang bawaan penumpang.

Dalam operasi pertama, informasi intelijen memimpin otoritas untuk menggagalkan upaya penyelundupan narkotika ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta melalui sebuah paket dari Muscat, Oman. Paket tersebut ditujukan untuk seseorang dengan inisial EB di Jakarta Pusat dan tiba pada 18 Juli 2023, dengan label sebagai pembuat roti atau mesin pembuat kue.

Setelah diperiksa, petugas menemukan bubuk putih yang tersembunyi di dalam plat besi bagian dasar mesin, menunjukkan modus operandi kompartemen palsu. Identifikasi selanjutnya dan uji laboratorium mengkonfirmasi keberadaan metamfetamin yang dipadatkan. Sebuah tim gabungan, terdiri dari Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai dan Polresta Bandara Soekarno-Hatta, dibentuk untuk memantau pengiriman paket dan melacak penerima.

Upaya surveilans mengarah pada identifikasi EB, seorang warga negara Iran, yang menginap di sebuah hotel di Jakarta Timur. Mulai dari 18 Juli hingga 6 Agustus 2023, operasi surveilans menghasilkan penangkapan tiga tersangka tambahan, yaitu UMY, DR, dan HK, di berbagai lokasi.

EB dan ketiga rekannya merupakan bagian dari jaringan narkotika internasional yang terlibat dalam penyelundupan, pengolahan 3.986 gram metamfetamin bubuk menjadi 3.428 gram metamfetamin kristal siap edar, dan distribusi zat tersebut. Perencanaan dan pelaksanaan penggerebekan di daerah Puncak, Bogor, menghasilkan penangkapan empat anggota jaringan.

Intersepsi narkotika kedua terjadi pada 3 Oktober 2023, melibatkan seorang penumpang Malaysia dengan inisial LKT. LKT ditemukan menyembunyikan 4.064 butir “happy five” dan 494,79 gram ketamin dalam sebuah kotak kayu di bagasi penumpang.

LKT ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut oleh Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Para pelaku dijerat dengan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Gatot menyatakan, “Para pelaku dan barang bukti dari kedua operasi telah diserahkan kepada Tim Reserse Narkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Melalui intervensi ini, tim gabungan telah menyelamatkan 23.000 generasi masa depan dan membantu pemerintah dalam meminimalkan biaya rehabilitasi kesehatan sebesar 21 miliar Rupiah.”

Sebagai pelindung masyarakat, Bea Cukai, bersama dengan lembaga penegak hukum lainnya, terus berusaha melindungi penduduk Indonesia dari masuknya, peredaran, dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan prekursor untuk mencapai Indonesia bebas narkoba.

“Bea Cukai Soekarno-Hatta konsisten mendukung sinergi antara lembaga penegak hukum untuk meningkatkan pengawasan dengan manajemen risiko yang semakin handal,” tegas Gatot.

Bea Cukai mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahaya narkotika demi generasi masa depan yang sehat dan masa depan yang lebih baik.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1