58.89 F
Kepualauan Riau
April 17, 2024
https://www.regalianews.com

Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU

Hukum & Kriminal

Lima Tersangka Ditangkap, Bareskrim Bongkar Penipuan BBM Pertamax di SPBU
Direktur Tidak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Nunung Syaifuddin di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.

Regalia News – Operasi penyidikan yang dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri terkait penjualan BBM Pertalite yang dicampur dengan perwarna untuk menyerupai Pertamax.28/03/2024.

Ada lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka, termasuk pengelola dan manajer SPBU yang terlibat dalam penjualan BBM yang telah dimodifikasi.

Kecurangan dilakukan di empat SPBU yang berlokasi di wilayah Cimanggis-Depok, Kebun Jeruk-Jakarta Barat, dan Banten, termasuk Depok, Karang Tengah, dan Pinang Kota-Banten.

Penyidik menyita total 29.046 liter BBM Pertamax palsu dari empat tangki pendam SPBU yang terlibat. Selain itu, sampel BBM Pertalite yang telah dicampur dengan zat pewarna juga disita bersama bahan pewarna yang digunakan.

Dokumen pemesanan dan penjualan BBM, serta alat komunikasi yang terkait dengan penjualan BBM, juga disita sebagai bukti.

Kegiatan kecurangan dilakukan dari Januari 2023 hingga Januari 2024. Diduga bahwa pelaku telah memperoleh keuntungan lebih dari Rp2 miliar dari praktik curang ini.

Motif para pelaku adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Mereka mengubah dan menjual BBM Pertalite dengan harga yang lebih tinggi dengan menyerupai Pertamax.

Harga jual BBM yang dimodifikasi hampir Rp3.000 lebih tinggi dari harga asli Pertalite.

Ini adalah pelanggaran serius karena tidak hanya merugikan konsumen tetapi juga melanggar hukum dan etika bisnis. Penyelidikan yang dilakukan oleh pihak berwenang adalah langkah penting untuk memberantas praktik ilegal semacam ini dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Editor : Abdullah
Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1