https://www.regalianews.com
Image default

Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Terkait LPP-APBD dan RPJPD

DPRD Kepri

Regalia News – DPRD Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Rapat Paripurna ke-07 dan ke-08 Masa Sidang Ke-2 Tahun Anggaran 2024 pada Senin, 27 Mei 2024, di Ruang Balairung Wan Seri Beni, Pusat Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Dompak.

Paripurna ini beragendakan Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda): Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD Tahun Anggaran 2024 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Raden Hari Tjahyono dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Hj. Marlin Agustina Nasution serta perwakilan OPD Provinsi Kepulauan Riau. Dalam rapat ini, fraksi-fraksi menyampaikan pandangan umum terhadap kedua Raperda tersebut.

Fraksi PKS, diwakili oleh Muhammad Syahid Ridho, S.Si, memberikan apresiasi atas pencapaian target pendapatan daerah tetapi menggarisbawahi potensi pendapatan yang belum tergali maksimal. Ridho mendorong intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah, khususnya dari sektor maritim.

Selain itu, ia menekankan pentingnya meningkatkan efektivitas dan efisiensi belanja daerah serta mendorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pengawasan pelaksanaan APBD untuk memastikan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Fraksi Harapan, melalui juru bicaranya Uba Ingan Sigalingging, S.Sn, menyambut baik transparansi dan partisipasi dalam penyusunan RPJPD 2025-2045.

Sigalingging menyoroti pentingnya peningkatan infrastruktur konektivitas domestik dan internasional, baik laut maupun udara, untuk mengatasi kendala topografi yang menghambat pemerataan pembangunan.

Fraksi Harapan juga menekankan perlunya koordinasi dan sinkronisasi program pembangunan antara pemerintah daerah dan pusat untuk mempercepat pembangunan jalan dan prasarana transportasi lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pandangan umum fraksi-fraksi lain terhadap kedua Raperda tersebut, yang bertujuan untuk memberikan masukan dan saran guna penyempurnaan peraturan daerah yang diusulkan.

Editor : Abdullah
Sumber : Humas DPRD Kepri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1