https://www.regalianews.com
Image default

Rapat Koordinasi Komisi III Dengan PT Indoprima Karisma Jaya (IKJ)

DPRD Kepri

Regalia News – Pada tanggal 25 Agustus 2023, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Riau, di bawah kepemimpinan Ketua Komisi III, Widiastadi Nugroho, menggelar rapat dengan manajemen PT Indoprima Karisma Jaya (IKJ) di Kabupaten Natuna. Fokus rapat ini adalah memahami situasi terkait aktivitas penambangan pasir kuarsa di Desa Teluk Buton.

Ketua Komisi III, Widiastadi, menekankan dukungannya terhadap iklim investasi dalam pengolahan Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Natuna. Namun, dia juga menekankan pentingnya memperhatikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat setempat dalam proses tersebut.

Wakil Ketua Komisi III, Nyanyang Haris Pratamura, memberikan saran agar PT IKJ memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat. Salah satu contoh yang dia berikan adalah membangun masjid atau mushala untuk masyarakat di sekitar area penambangan.

Anggota Komisi III lainnya, Hadi Candra, menekankan pentingnya PT IKJ menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) kepada pemerintah sebagai langkah untuk memudahkan fungsi pengawasan Komisi III.

Sejumlah anggota Komisi III sepakat untuk meminta PT IKJ agar lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi penambangan. Mereka juga menekankan perlunya pertimbangan terhadap dampak lingkungan akibat aktivitas penambangan.

Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Riau yang turut hadir menyatakan bahwa PT IKJ telah berkomunikasi dan bekerja sama dengan Dinas ESDM. Dia menekankan pentingnya komunikasi tidak hanya saat ada masalah, tetapi juga dalam situasi normal.

Direktur PT IKJ, Sulaiman, menjelaskan bahwa perusahaan telah merekrut sekitar 40% tenaga kerja dari masyarakat setempat. Dia juga menyebut bahwa PT IKJ telah menyampaikan RKAB kepada Dinas ESDM dan terus berkomunikasi mengenai produksi dan aktivitas perusahaan.

Rapat ini mencerminkan upaya Komisi III DPRD Kepulauan Riau untuk memastikan bahwa aktivitas ekstraksi SDA oleh PT IKJ di Kabupaten Natuna berlangsung dengan memperhatikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Editor : Abdullah

Sumber : DPRD Kepri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1