79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Polri: WNI Korban TPPO Filipina Tiba di Indonesia

Hukum & Kriminal

Polri: WNI Korban TPPO Filipina Tiba di Indonesia
Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahadrjo Puro ( Foto Istimewa)

Regalia News – Pada Minggu (28/5/2023), sebanyak 20 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban scamming internasional di Filipina telah dipulangkan ke Indonesia.

Penyelenggaraan pemulangan tersebut dilakukan secara bertahap, dan korban-korban tersebut saat ini ditampung sementara di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

Brigadir Jenderal Djuhandhani Rahadrjo Puro dari Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri mengungkapkan bahwa seluruh korban akan menjalani rehabilitasi sosial di RPTC sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing. Pemulangan pertama dilakukan pada Kamis, 25 Mei 2023, antara pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Sebelumnya, Polri mengumumkan bahwa terdapat total 240 WNI yang menjadi korban scamming internasional di Filipina, semua korban tersebut diizinkan oleh Bureau of Immigration Filipina (BI Filipina) untuk pulang ke Indonesia. KBRI Filipina bertanggung jawab dalam menyusun rencana jadwal keberangkatan korban-korban tersebut dari Filipina ke Indonesia.

Menurut Brigjen Ahmad Ramadhan dari Divisi Humas Polri, dari total 242 WNI yang menjadi korban, dua di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian Filipina. Keduanya tetap berada di Filipina, sedangkan 240 korban lainnya mendapatkan izin untuk meninggalkan negara tersebut dengan Law Departure Order.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1