83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Tim Operasi Gempur Dan Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Hukum & Kriminal

Tim Operasi Gempur Rokok Ilegal Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal
Barang Bukti Yang Disita 9Foto Istimewa)

Regalia News – Pada Senin, 22 Mei, Tim Gabungan Operasi Gempur Rokok Ilegal yang terdiri dari Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Tegal dan Tim P2 Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY berhasil mengamankan mobil pengangkut rokok ilegal di ruas tol Pejagaan – Pemalang, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes.

“Muhammad Aflah Heriyudi, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Tegal, menjelaskan bahwa dalam penindakan tersebut, mereka berhasil mengamankan 292 ribu batang rokok ilegal yang merupakan hasil tembakau (HT). Nilai total barang yang diamankan mencapai Rp366.460.000,00, sementara potensi kerugian negara akibat kegiatan ilegal ini diperkirakan sebesar Rp248.230.660,00”. tandasnya.

Informasi intelijen yang diterima oleh Tim P2 Bea Cukai Tegal pada pukul 03.00 dini hari menjadi awal mula kejadian tersebut, mereka mendapat informasi mengenai pengiriman barang yang diduga merupakan hasil tembakau ilegal yang dikirimkan menggunakan mobil penumpang dengan nomor polisi B XXXX KOR melalui ruas tol yang berada di wilayah pengawasan Bea Cukai Tegal.

Tim P2 Bea Cukai Tegal kemudian melakukan penyisiran sepanjang ruas jalan tol Pejagan – Pemalang pada pukul 04.00 pagi. Sekitar pukul 05.00 pagi, mereka melihat sarana pengangkut yang sesuai dengan informasi yang diterima melintas di ruas tol Pejagan – Pemalang.

Tim segera melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan sarana pengangkut tersebut pada pukul 05.15 pagi, pelaku dalam kasus ini diduga melanggar pasal 54 dan pasal 56 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

Mereka dapat menghadapi hukuman pidana penjara minimal satu tahun dan maksimal lima tahun, serta denda yang besarnya minimal dua kali nilai cukai dan maksimal sepuluh kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Barang bukti berupa rokok ilegal, sarana pengangkut, dan sopir sarana pengangkut telah dibawa ke Bea Cukai Tegal untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1