https://www.regalianews.com

Agar Tetap Aman dan Nyaman Polri Ajak Semua Ormas Menjaga Lingkungannya

Nasional

Regalia News – Korps Pembinaan Masyarakat Baharkam Polri (Korbinmas) mengajak semua organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar dan menciptakan suasana yang aman dan nyaman.

Kombes Pol Hari Purnomo menyampaikan hal ini dalam acara Tadarus Kebangsaan yang diadakan oleh Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol Hari Purnomo menekankan pentingnya kerjasama antara ormas, umara, dan ulama untuk bersama-sama membina masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal mereka.

Beliau juga menyatakan bahwa kerja sama dan sinergi antar ormas, serta antara umara dan ulama, sangat dibutuhkan untuk mewujudkan negeri yang diinginkan.

Kombes Pol Purnomo menjelaskan bahwa Polri, dalam menjalankan tugasnya, berpedoman pada tugas, pokok, dan fungsinya (Tupoksi) yang tertulis dalam undang-undang. Tugas pokok Polri meliputi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Polri melakukan langkah preventif dan langkah represif. Kami menyoroti pada langkah tindakan preventif, karena yang kita pahami bersama bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” jelas Hari Purnomo.

Dalam menjalankan tugasnya, Polri mengambil pendekatan preventif dan represif. Kombes Pol Purnomo menekankan pentingnya tindakan preventif, yaitu mencegah potensi gangguan sebelum menjadi ancaman atau gangguan nyata.

Polri bekerja sama dengan organisasi masyarakat untuk melakukan upaya pembinaan, penyuluhan, dan menata aspek-aspek kehidupan masyarakat, seperti sosial, ekonomi, dan budaya.

Dalam artikel tersebut juga disebutkan contoh kegiatan preventif yang dilakukan, seperti intervensi terhadap potensi gangguan, program ketahanan pangan, penanaman pohon, dan kegiatan lainnya yang dilakukan bersama-sama dengan organisasi masyarakat seperti LDII.

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1