83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Senilai Ratusan Juta di Ambon

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Senilai Ratusan Juta di Ambon
Foto Istimewa

Regalia News – Ambon, 26 Oktober 2023 – Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, bekerja sama dengan Kantor Bea Cukai Ambon, menghancurkan sejumlah barang ilegal akibat pelanggaran regulasi kepabeanan dan cukai pada Rabu (25/10).

Barang yang dihancurkan meliputi rokok, minuman beralkohol, liquid vape, dan tembakau iris, dengan total nilai mencapai ratusan juta rupiah.

Djaka Kusmartata, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, menyatakan bahwa pemusnahan ini merupakan bagian dari akuntabilitas dalam menjalankan tugas kepabeanan. “Untuk memastikan barang ilegal tidak disalahgunakan, Bea Cukai menghancurkannya sebagai bentuk akuntabilitas kepada masyarakat.”

Secara rinci, barang yang dihancurkan termasuk 97.779 batang rokok ilegal, 25 liter minuman beralkohol, dan 41 botol liquid vape hasil tindakan Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku.

Kantor Bea Cukai Ambon juga menghancurkan 101.136 batang rokok ilegal, 79,4 liter minuman beralkohol, 10 botol liquid vape, dan 47,95 kg tembakau iris. “Selain barang kena cukai, sejumlah kiriman yang tidak memenuhi regulasi kepabeanan dan cukai juga dihancurkan,” tambah Djaka.

Total potensi kerugian negara dari penghancuran barang ilegal ini sekitar Rp130.978.561, belum termasuk kerugian non-finansial seperti dampak kesehatan bagi masyarakat yang mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol tanpa memenuhi standar kualitas.

Penindakan dan kegiatan penghancuran barang kena cukai ilegal ini terwujud berkat sinergi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk aparat penegak hukum di wilayah Maluku dan Maluku Utara, serta masyarakat umum.

Kegiatan penghancuran ini juga merupakan wujud pelaksanaan salah satu misi Bea Cukai, yaitu menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan ilegal.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1