55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Bea Cukai Bersama APH Musnahkan Barang Ilegal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Bersama APH Musnahkan Barang Ilegal
Barang bukti yang dimusnahkan (Foto Istimewa)

Regalia News – Pada tanggal 25 Mei 2023, Bea Cukai di Wilayah Riau dan Bea Cukai Tanjung Emas kembali melakukan pemusnahan sejumlah barang ilegal hasil penindakan yang dilakukan secara sinergis dengan aparat penegak hukum lainnya.

Bea Cukai Wilayah Riau turut serta dalam pemusnahan yang dilakukan oleh BNN Provinsi Riau pada Selasa, 23 Mei. Sebanyak 785 butir ekstasi dengan berat total 208,66 gram dimusnahkan dalam kesempatan tersebut.

Narkotika yang dimusnahkan berasal dari penindakan terhadap paket narkotika yang dimasukkan ke dalam paket yang seharusnya berisi makanan basah. Paket ini dikirim melalui perusahaan jasa pengiriman.

“Berkat kerja sama antara Bea Cukai dan aparat penegak hukum, paket tersebut dapat dicegah dan satu kurir berinisial FP berhasil ditahan. Barang bukti dan saksi telah diserahkan kepada petugas BNN Provinsi Riau untuk penyelidikan lebih lanjut”. ungkapnya.

“Di Semarang, Bea Cukai Tanjung Emas juga melakukan pemusnahan terhadap barang-barang impor yang tidak memenuhi ketentuan. Beberapa barang yang dimusnahkan meliputi pakaian, sepatu, kain, obat-obatan, peralatan medis, rokok, bunga dan biji kering, alat elektronik, serta mainan seks dengan total nilai Rp 14,20 juta”. pungkasnya.

Barang-barang yang dimusnahkan tersebut merupakan barang yang tidak memenuhi kewajiban kepabeanannya selama 30 hari sejak penimbunan, dan kemudian dinyatakan tidak dikuasai. Jika kewajiban kepabeanannya tidak diselesaikan dalam waktu 60 hari, barang tersebut akan menjadi milik negara.

“Melalui pemusnahan ini, Bea Cukai dan aparat penegak hukum lainnya menunjukkan komitmen dalam pengawasan masyarakat serta patuh terhadap ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1