79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

PLN Dukung Usaha Kopi Pesantren Di Cilegon, Omzet Melonjak Empat Kali Lipat

Ekonomi

PLN Dukung Usaha Kopi Pesantren Di Cilegon, Omzet Melonjak Empat Kali Lipat
Berkat program PLN Peduli, omzet penjualan kopi meningkat dari Rp 3 juta menjadi Rp 7,5 juta-Rp 12,5 juta per bulan.

Regalia NewsPT PLN (Persero) tengah mendukung kewirausahaan dalam pengolahan kopi di Cilegon, Banten, melalui Program PLN Peduli. Perusahaan ini memberikan dukungan kepada Pondok Pesantren Banu Al Qomar di Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, untuk meningkatkan pengolahan kopi dari hulu ke hilir. 27 September 2021.

Pondok Pesantren Al Baqo, yang juga dikenal sebagai Pondok Pesantren Al Baqo, memiliki kegiatan pemberdayaan kewirausahaan santri dan ekonomi warga, termasuk bisnis kopi. Pondok ini membeli kopi dari petani di atas harga pasar, yang umumnya juga merupakan wali santri. Kopi dengan rasa khas dari Gunung Malang diolah dengan nilai tambah untuk dipasarkan.

Program PLN Peduli memberikan bantuan dalam bentuk mesin roasting kopi yang lebih modern dan produktif pada awal 2020. Bantuan ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses roasting, dan kualitas serta cita rasa kopi pun meningkat.

Pengelola Pondok Pesantren Al Baqo mengucapkan terima kasih atas dukungan PLN, menyatakan bahwa pengolahan kopi adalah salah satu usaha untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha para santri dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan bantuan modal dan alat roasting kopi yang lebih modern, pengelola mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi. Hal ini tercermin dalam peningkatan omzet penjualan dari sekitar Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 7,5 hingga Rp 12,5 juta per bulan. Dalam proses roasting, efisiensi waktu juga meningkat, dari sekitar 95 menit menjadi lebih cepat dengan bantuan dari PLN.

Pengelola Pondok Pesantren Al Baqo berharap agar Program PLN Peduli dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat, dan mereka berharap dapat terus bersinergi dengan PLN untuk mendukung pembangunan dan perekonomian lokal.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1