83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Bagja Tegaskan Kerja Pengawasan Pemilu Merupakan Validasi Penghitungan Suara

Politik

Bagja Tegaskan Kerja Pengawasan Pemilu Merupakan Validasi Penghitungan Suara
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Regalia News – Pernyataan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja terkait kerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dalam Pemilu 2024. di Solo, Kamis (25/1/2024).

Berikut adalah poin-poin penting dari pernyataannya:

  1. Tujuan Pengawasan: Rahmat Bagja menekankan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu bertujuan untuk membuktikan kebenaran penghitungan suara.

    Dia menyatakan bahwa hasil pengawasan yang dilakukan oleh tim pengawas pemilu dapat membantu calon anggota legislatif untuk memastikan kebenaran perhitungan suara.

  2. Pengawasan Logistik: Bagja memerintahkan jajaran pengawas pemilu untuk melakukan pengawasan terhadap proses logistik. Ini mencakup pemeriksaan terhadap pelanggaran administrasi, etika, dan tindak pidana. Jika terdapat kelebihan cetak surat suara, Bagja menegaskan bahwa sanksi hukum harus diterapkan.
  3. Pelatihan Panwascam: Selain itu, Bagja juga memerintahkan jajarannya untuk melatih Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

    Tujuannya adalah untuk mempersiapkan Panwascam dalam mengambil tindakan yang diperlukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

  4. Masa Tenang dan Penertiban APK: Menjelang akhir masa kampanye, Bagja mengingatkan bahwa pada tanggal 10 Februari semua kampanye akan selesai, dan pada tanggal 11 Februari akan dimulai masa tenang.

    Selama masa tenang, Bagja menyatakan bahwa akan dilakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Semua pelanggaran terhadap PKPU harus ditertibkan.

    Pernyataan tersebut mencerminkan upaya Bawaslu untuk menjaga integritas dan keberlanjutan proses pemilihan umum, serta menekankan pentingnya pengawasan terhadap aspek logistik dan perhitungan suara untuk memastikan transparansi dan keabsahan hasil pemilu.

    Editor : Abdullah
    Sumber : Bawaslu RI

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1