79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Lakukan Upaya Preventif Kasus TPPO Dengan Perketat Pengawasan Pelabuhan

Hukum & Kriminal

Polri Lakukan Upaya Preventif Kasus TPPO Dengan Perketat Pengawasan Pelabuhan
Kasatgas TPPO Polri Irjen Pol Asep Edi Suheri di Pelabuhan Tunon Taka ( Foto Istimewa)

Regalia News – Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgas TPPO) Polri, bekerja sama dengan Polda Kalimantan Utara (Kaltara), sedang melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang tiba di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan.

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan jaringan kasus perdagangan orang yang telah terungkap pada tanggal 6-9 Juni 2023. Tujuannya adalah untuk mencegah praktik perdagangan orang di wilayah perbatasan.

“Sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo, guna mengantisipasi pengiriman pekerja migran ilegal ke luar negeri, perlu ditingkatkan upaya pencegahan di wilayah perbatasan,” kata Kepala Satgas TPPO, Irjen Pol Asep Edi Suheri, di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, seperti dikutip pada hari Senin (26 Juni 2023).

Menurutnya, langkah pencegahan ini dilakukan di Nunukan karena wilayah tersebut berdekatan dengan Malaysia.

“Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya perdagangan orang di daerah ini sangat mungkin,” ujar Asep.

Irjen Asep didampingi oleh Kasubsatgas Gakkum TPPO Polri, Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro, beserta jajaran Polda Kalimantan Utara, dalam melakukan pemeriksaan di pelabuhan.

Mereka melakukan pemeriksaan di KM Pantokrator dari Pare-Pare. Aparat kepolisian melakukan pemeriksaan dokumen terhadap para penumpang tersebut.

Diketahui, Polda Kalimantan Utara telah mengungkap berbagai kasus perdagangan orang, termasuk 16 laporan polisi dengan 7 DPO (Daftar Pencarian Orang), dan 2 orang yang telah diamankan di Samarinda dan Pulau Sebatik.

Untuk proses pemeriksaan, pertama-tama, mereka yang tiba di Kaltara akan dipisahkan, kemudian akan diperiksa Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka. Setelah itu, kita akan memeriksa tujuan perjalanan para penumpang.

“Jika kita temukan penumpang yang bermaksud menyeberang ke Tawau, maka kita akan memeriksa lebih lanjut dokumen perjalanan mereka dan tujuan keberangkatan mereka,” jelasnya.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1