84.07 F
Kepualauan Riau
Juni 13, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Berkoordinasi Dengan Interpol Kamboja Keberadaan Buronan Harun Masiku

Hukum & Kriminal

Polri Berkoordinasi Dengan Interpol Kamboja Keberadaan Buronan Harun Masiku
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan ( Foto Istimewa)

Regalia News – Pada tanggal 26 Juli 2023, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengumumkan bahwa Polri telah mengambil langkah untuk menindaklanjuti informasi mengenai keberadaan buronan Harun Masiku (HM). Informasi tersebut menyebutkan bahwa HM diduga berada di Kamboja dan telah mengganti kewarganegaraannya.

Polri berkoordinasi dengan Interpol Kamboja untuk memastikan kebenaran dari informasi tersebut. Interpol Indonesia telah mengirimkan permintaan kepada Interpol Kamboja untuk meminta klarifikasi mengenai isu ini.

Ahmad Ramadhan menegaskan bahwa jika HM melintasi perbatasan resmi di negara mana pun, pasti akan terdeteksi. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi Interpol di negara yang bersangkutan untuk menahan Harun dan memberitahukan hal ini kepada Interpol Indonesia sebagai negara yang mengeluarkan red notice atau pemberitahuan pengejaran.

Hingga saat itu, Interpol Kamboja belum memberikan informasi terkait rumor tersebut. Namun, Polri akan terus berusaha untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai keberadaan HM demi penegakan hukum yang berkeadilan. Polri berharap upaya koordinasi dengan Interpol Kamboja dapat membantu mengungkapkan kebenaran atas rumor ini.

Harun Masiku menjadi buronan dalam kasus dugaan pemberian suap atau janji kepada penyelenggara negara dalam penetapan Anggota DPR RI periode 2019-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 17 Januari 2020. Sebelumnya, pada Maret 2023, Harun Masiku juga dikabarkan berada di Malaysia, di mana dia diduga menjadi marbot di sebuah masjid.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1