https://www.regalianews.com
Image default

Bea Cukai Tindak Belasan Ribu Rokok Ilegal di Jasa Kiriman Kargo

Hukum & Kriminal

Regalia News – Aceh Besar, 26 Juli 2023 – Bea Cukai Banda Aceh, bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh, berhasil melaksanakan operasi penegakan hukum terhadap barang kena cukai ilegal (BKC) berupa 12.000 bungkus rokok tanpa tanda cukai, Operasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2023, di sebuah jasa pengiriman kargo di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar.

Yuliansyah, Kepala Bagian Kepatuhan Internal dan Penyebaran Informasi Bea Cukai Banda Aceh, menjelaskan bahwa penegakan hukum ini didasarkan pada informasi intelijen, terkait dugaan pengiriman ilegal rokok ke Banda Aceh melalui jasa pengiriman kargo. Petugas melakukan pengecekan dan segera melakukan inspeksi setelah menerima informasi tersebut.

“Selama inspeksi, petugas kami menemukan 12.000 bungkus rokok ilegal tanpa tanda cukai yang diperlukan pada paket-paket yang sedang dikirim dari Surabaya ke Banda Aceh,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa saat ini terdapat berbagai jenis rokok ilegal dan berbagai trik yang digunakan oleh para pengusaha rokok ilegal untuk memasarkan produk mereka. Namun, salah satu ciri utama rokok ilegal adalah harganya yang relatif murah dan tidak wajar karena tidak membayar pajak cukai.

“Namun ada karakteristik rokok ilegal yang diatur dalam peraturan, seperti rokok polos tanpa tanda cukai, rokok dengan tanda cukai palsu, rokok dengan tanda cukai yang dipakai ulang, dan rokok dengan tanda cukai tidak ditujukan untuk penggunaan saat ini,” tambahnya.

Penindakan terhadap rokok ilegal merupakan bentuk nyata komitmen Bea Cukai dalam melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal dan berusaha untuk keadilan bagi mereka yang mematuhi peraturan perpajakan.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1