71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

YKI Kepri Gelar Program Screening IVA dan Sadanis

Tanjungpinang

YKI Kepri  Gelar  Program Screening IVA dan Sadanis
Ketua Yayasan Kanker Indonesia YKI Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar membuka Program Screening Inspeksi Visual Asam Acetat (IVA)/Papsmer dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) dengan target 200 peserta di RSAL Midiyato Suratani, Tanjungpinang,

Regalia News – Kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2022,  YKI Kepri membuka program screening dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)/Papsmer dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) di RSAL Midiyato Suratani, Tanjungpinang, dengan target 200 peserta.Tanjungpinang, Sabtu (26/2). 

Webinar: YKI Kepri membuka webinar yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kepri pada tanggal 23 Februari, Seminar YKI Goes To Campus: YKI Kepri membuka seminar untuk 150 mahasiswa Poltekkes di Poltekkes Kemenkes pada tanggal 24 Februari.

Dewi Ansar, Ketua YKI Provinsi Kepri, menyampaikan bahwa Screening IVA/Papsmer dan Sadanis merupakan metode deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, Setiap wanita di atas usia 21 tahun dianjurkan untuk rutin melakukan deteksi dini tersebut.

Pemeriksaan IVA hanya boleh dilakukan oleh wanita yang memenuhi tiga syarat: sudah pernah melakukan hubungan intim, tidak berhubungan intim selama 24 jam sebelum pemeriksaan, dan tidak sedang haid.

Pentingnya Deteksi Dini  Dewi Ansar menekankan bahwa Screening IVA/Papsmer dan Sadanis sangat dianjurkan bagi wanita yang berisiko terhadap kanker serviks dan kanker payudara, seperti wanita dengan riwayat kanker dalam keluarga, memiliki lebih dari satu pasangan seksual, atau pernah mengalami infeksi menular seksual.

Pada Wanita Berisiko  Dewi Ansar melakukan kunjungan ke ruangan kemoterapi untuk pengidap kanker serviks dan kanker payudara, Beliau juga meninjau langsung lokasi pemeriksaan IVA yang sedang berlangsung di RSAL Midiyato Suratani.

Dewi Ansar mengajak masyarakat Kepri, khususnya para perempuan, untuk melakukan screening IVA/Pampers dan Sadanis sebagai langkah penanggulangan sejak dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Karumkital Dr. Widiyato Suratani 1 Tanjungpinang yang diwakili wakamed Anang Mufti Sumarsono, para panitia pelaksana, para pengurus YKI Kepri, dan para peserta yang mengikuti screening IVA/Pampers dan Sadanis.

Editor : Abdullah

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1