83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Selamatkan 2.536 Korban Perdagangan Orang

Hukum & Kriminal

Polri Selamatkan 2.536 Korban Perdagangan Orang
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan ( Foto Istimewa)

Regalia News – Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, memberikan informasi bahwa Satgas TPPO Polri terus giat melakukan operasi penangkapan terhadap pelaku perdagangan orang. Hingga saat ini, Polri telah berhasil menangkap 958 tersangka dalam kasus perdagangan orang (TPPO), yang telah melibatkan penyelamatan 2.536 orang korban TPPO.

Ramadhan menyampaikan informasi ini kepada media pada Jumat, 25 Agustus 2023. Ia menjelaskan bahwa angka tersebut berasal dari 788 laporan polisi yang diterima oleh pihak kepolisian terkait dengan kasus TPPO. Data ini merupakan akumulasi dari periode 5 Juni hingga 23 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Ramadhan mengungkapkan bahwa kasus perdagangan orang telah menjadi perhatian serius dari pihak Polri. Bahkan, isu ini menjadi salah satu topik utama yang dibahas dalam ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“TPPO merupakan isu yang mendapat fokus dalam AMMTC ke-17 di Labuan Bajo. Kasus ini sering melibatkan modus iming-iming pekerjaan di luar negeri, terutama menjadi pekerja rumah tangga, dan seringkali dilakukan secara ilegal,” ungkap Ramadhan.

Salah satu modus yang umum dalam kasus perdagangan orang adalah iming-iming pekerjaan sebagai pekerja migran Indonesia (PMI), terutama dalam posisi pekerja rumah tangga. Polri bekerja sama dengan aparat penegak hukum dari berbagai negara untuk mengatasi kejahatan transnasional ini.

Dengan data dan upaya yang telah dilakukan oleh Polri, hal ini menunjukkan komitmen mereka untuk memerangi perdagangan orang dan melindungi para korban dari eksploitasi ini. Operasi-operasi tersebut juga mencerminkan kerja sama antarnegara dalam mengatasi masalah ini, seperti yang dibahas dalam forum AMMTC ke-17.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1