55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Buru Pelaku Utama TPPO Jual Beli Ginjal Indonesia-Kamboja

Hukum & Kriminal

Polri Buru Pelaku Utama TPPO Jual Beli Ginjal Indonesia-Kamboja
Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.(F0to Istimewa)

Regalia News – Terkait kasus perdagangan organ dan perdagangan orang yang melibatkan Indonesia dan Kamboja, Penyelidikan Terus Dilakukan, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri bersama dengan Polda Metro Jaya terus melakukan penyelidikan terhadap pelaku utama dalam kasus perdagangan organ. Kepala Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengonfirmasi bahwa penyidik masih aktif menyelidiki kasus tersebut pada tanggal 24 Juli 2023.

Dalam perkembangan terakhir, sebanyak 12 orang tersangka, termasuk koordinator dan perekrut, telah berhasil ditangkap dalam kasus perdagangan ginjal antara Indonesia dan Kamboja. Penggerebekan dilakukan di sebuah rumah di kawasan Tarumajaya, Bekasi, pada 19 Juni.

Satuan Tugas Perdagangan Orang juga telah aktif dalam menangani kasus perdagangan orang. Dari tanggal 5 Juni hingga 23 Juli 2023, Polri berhasil menyelamatkan 2.169 orang yang menjadi korban perdagangan orang.

Laporan dan Tersangka Total 709 laporan polisi telah diterima oleh Polri. Jumlah korban yang terlibat dalam kasus perdagangan orang mencapai 2.169 orang, sementara jumlah tersangka yang terlibat mencapai 844 orang.

Modus Operandi Pelaku perdagangan orang menggunakan berbagai metode, termasuk menarik korban untuk menjadi pekerja seks komersial (PSK), mengeksploitasi mereka sebagai pekerja rumah tangga, dan melibatkan pekerja migran serta anak buah kapal (ABK). Modus operandi ini mencakup 479 pembantu rumah tangga, 9 ABK, 212 PSK, dan 53 korban eksploitasi anak.

Kasus ini menunjukkan upaya serius dari pihak berwenang untuk menanggulangi perdagangan organ dan perdagangan orang serta mengungkap praktik ilegal yang merugikan banyak korban.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1