75.94 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

Menhan Prabowo dan Menhan AS Sepakat Perkuat Hubungan Strategis

Manca Negara

Menhan Prabowo dan Menhan AS Sepakat Perkuat Hubungan di Tengah Berbagai Isu Strategis
Foto Istimewa

Regalia News – Pada tanggal 24 Agustus, Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd James Austin III, di Gedung Pentagon, Amerika Serikat.

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat pilar pertahanan Kemitraan Strategis antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Amerika Serikat menyepakati beberapa hal, antara lain:

  1. Melestarikan Hukum dan Norma Internasional: Kedua negara berkomitmen untuk mematuhi dan memelihara hukum dan norma internasional dalam hubungan bilateral dan keamanan global.
  2. Meningkatkan Kemampuan Keamanan dan Pertahanan Bersama: Indonesia dan Amerika Serikat berencana untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang keamanan dan pertahanan guna menghadapi tantangan keamanan bersama.
  3. Prinsip-Prinsip Demokrasi: Kedua negara akan tetap berpegang pada prinsip-prinsip demokrasi dalam mengelola hubungan bilateral dan dalam menjaga keamanan dan stabilitas regional.
  4. Supremasi Hukum dan Profesionalisasi Angkatan Bersenjata: Indonesia dan Amerika Serikat mendiskusikan pentingnya supremasi hukum dan profesionalisasi angkatan bersenjata sebagai negara demokrasi.
  5. Pendidikan Militer: Indonesia mengapresiasi pelatihan yang diberikan kepada lebih dari 7.000 personel militer dan warga sipil Indonesia di Amerika Serikat. Selain itu, beberapa anggota militer Indonesia, termasuk dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan Angkatan Laut, telah melanjutkan studi di Amerika Serikat.
  6. ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan Strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat: Kedua negara sepakat bahwa pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik dan Strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat memiliki prinsip-prinsip dasar yang serupa.
  7. Mereka berkomitmen untuk menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan melalui pendekatan sentralitas ASEAN dan kerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan yang serupa. Selain itu, mereka mendukung tatanan yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Austin, menyatakan tekadnya untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia dalam menghadapi peluang dan tantangan dalam iklim geopolitik yang semakin kompleks.

Kesepakatan ini mencerminkan komitmen kedua negara untuk bekerja sama dalam mengatasi tantangan keamanan regional dan global, serta untuk memajukan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1