83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Kapolri: Kita Punya Optimisme Hadapi Omicron Dengan Sinergitas Seluruh Stakeholder

Nasional

Kapolri: Kita Punya Optimisme Hadapi Omicron Dengan Sinergitas Seluruh Stakeholder
Sigit menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas antusias warga Riau.

Regalia News – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan tinjauan langsung terhadap pelaksanaan akselerasi vaksinasi di Kabupaten Kampar, Riau pada tanggal 25 Februari 2022. Selain itu, secara virtual, Kapolri juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di 34 provinsi di 6.274 titik.

Dalam tinjauannya, Sigit mengapresiasi dan berterima kasih atas antusiasme warga Riau yang telah melakukan vaksinasi. Target vaksinasi serentak di Riau pada hari itu adalah sebanyak 65 ribu dosis. Sigit menyatakan harapannya agar antusiasme dan capaian vaksinasi terus meningkat.

Dalam upaya menekan laju pertumbuhan Covid-19, khususnya varian Omicron, Sigit menekankan pentingnya solidaritas dan sinergitas antara seluruh stakeholders untuk mengendalikan pandemi.

Ia menyatakan bahwa dengan kompak, solid, dan sinergi, bersama dengan masyarakat yang mematuhi aturan pemerintah, Indonesia dapat menghadapi varian Omicron dengan baik.

Sigit juga menyampaikan keyakinannya bahwa penekanan laju pertumbuhan Covid-19 akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, terutama karena Indonesia akan menjadi tuan rumah beberapa event internasional maupun nasional di masa depan.

Meskipun secara umum positivity rate di Riau masih di bawah angka nasional, yaitu sekitar 13-14 persen, Sigit menekankan perlunya langkah-langkah untuk menjaga agar angka ini tetap terkendali.

Upaya tersebut mencakup akselerasi vaksinasi dosis pertama, kedua, dan vaksinasi booster, serta penggunaan masker, mengurangi interaksi yang tidak perlu, dan disiplin isolasi mandiri (isoman).

Sigit juga meminta masyarakat, khususnya yang memiliki komorbid, untuk melakukan isolasi terkontrol (isoter) jika mereka tidak memiliki tempat isoman yang standar.

Ia menekankan bahwa rumah sakit rujukan harus memastikan fasilitas yang memadai untuk merawat pasien dengan gejala sedang dan berat, terutama yang memiliki komorbid dan lansia, guna menjaga angka fatalitas agar tidak meningkat.

Secara umum, Sigit mencatat adanya pergeseran dan penurunan tren angka Covid-19 di beberapa wilayah, namun di kota lain masih terjadi peningkatan.

Oleh karena itu, diperlukan strategi akselerasi vaksinasi, peningkatan protokol kesehatan, persiapan isoman, isoter, dan rumah sakit rujukan untuk merawat pasien. Selama tinjauannya, Sigit juga melakukan dialog dengan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia yang terlibat dalam akselerasi vaksinasi serentak.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1