83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Pertemuan SOMTC ke-23 di Yogyakarta Resmi di Tutup, Hasilkan Lima Kesepakatan

Nasional

Pertemuan SOMTC ke-23 di Yogyakarta Resmi di Tutup, Hasilkan Lima Kesepakatan
Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto ( Foto Istimewa)

Regalia News – Pertemuan Pejabat Tinggi Ke-23 tentang Kejahatan Transnasional (Senior Officials Meeting on Transnational Crimes/SOMTC) yang diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 20 hingga 23 Juni 2023 menghasilkan beberapa kesepakatan penting dalam upaya memerangi kejahatan transnasional di wilayah ASEAN.

Rancangan pedoman ini disepakati sebagai lampiran dari referensi tugas SOMTC. Pedoman ini kemungkinan akan menjadi panduan pelaksanaan program kerja untuk mencapai tujuan dan tugas SOMTC.

Sebuah rancangan pembaruan mengenai kriteria dan modalitas untuk melibatkan pihak eksternal berhasil disepakati. Hal ini dapat membantu memperkuat kerjasama dengan pihak eksternal dalam upaya memerangi kejahatan transnasional.

Disepakati sebagai lampiran dari referensi tugas AMMTC, menunjukkan koordinasi dan integrasi antara pertemuan SOMTC dan AMMTC dalam upaya bersama melawan kejahatan transnasional.

Rancangan catatan konsep ini disepakati untuk dibaca sebagai “Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN tentang Kejahatan Transnasional,” menunjukkan perubahan dan pembaruan dalam struktur dan nomenklatur SOMTC.

Kesepakatan untuk memberikan status pengamat kepada Timor Leste dalam Pertemuan Menteri ASEAN tentang Kejahatan Transnasional (AMMTC) dan pertemuan terkait.

Disepakati rencana kerja kerjasama ASEAN plus tiga untuk memerangi kejahatan transnasional selama periode 2024-2027, menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan keamanan regional.

Meskipun masih membutuhkan umpan balik dan masukan tambahan, draf deklarasi ini diharapkan akan diajukan ad referendum untuk diadopsi dalam pertemuan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo pada bulan Agustus 2023.

Rencana untuk Pertemuan AMMTC ke-17  ini dijadwalkan akan berlangsung di Labuan Bajo pada tanggal 20 hingga 23 Agustus 2023, di mana beberapa draf deklarasi, termasuk Deklarasi Labuan Bajo, akan diajukan untuk diadopsi.

Komjen Pol Agus Andrianto menyatakan harapannya bahwa kesepakatan dan langkah-langkah ini akan meningkatkan kemampuan penegakan hukum Indonesia dalam memerangi kejahatan transnasional di masa depan.

Pada pertemuan ini, sekitar 200 peserta dari lembaga penegak hukum yang mewakili SOMTC dari seluruh negara anggota ASEAN dan mitra dialog hadir untuk berpartisipasi dalam diskusi dan pembuatan keputusan.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1