79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Pelaku Pencuri Spesialis Rumah Kosong Diringkus Polisi

Hukum & Kriminal

Polisi Ringkus Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kosong
Barang Bukti Serta Tersangka Diamankan

Regalia News – Pada tanggal 22 Mei 2023, Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap seorang pelaku pencurian spesialis rumah kosong yang telah melakukan aksinya sebanyak 4 kali di kawasan Jakarta Selatan dan sekitarnya. Pelaku berinisial S berhasil diamankan di Kawasan Karawang.

AKBP Irwandhy Idrus, Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, menyatakan bahwa pelaku yang merupakan seorang pedagang telah melakukan aksi pencurian dengan pemberatan di rumah kosong di Pasar Minggu.

Pelaku ini berhasil diamankan di kawasan Karawang setelah penyidik melakukan analisis digital berdasarkan rekaman CCTV di rumah korban.

“Pelaku selalu beraksi sendirian dan telah melakukan aksinya selama 6 bulan terakhir dengan lokasi berbeda-beda di kawasan Jakarta Selatan dan sekitarnya”. ungkap Kasat Reskrim.

Irwandhy menjelaskan bahwa pelaku memasuki rumah kosong dengan cara merusak jendela dan teralis rumah korban, setelah memasuki rumah, pelaku mengambil barang-barang yang dapat dijual.

Pelaku sebelumnya memastikan bahwa rumah yang menjadi targetnya kosong dan tidak berpenghuni, pelaku biasanya melakukan kegiatan dagang pada pagi hari dan mencari target rumah kosong secara acak pada siang hari.

“Dia mengamati rumah yang dirasa cocok sebagai target, lalu turun dari motor dan memeriksa lagi, setelah yakin bahwa rumah tersebut kosong, pelaku menggunakan obeng untuk merusak jendela dan teralis”. tandas Kasat Reskrim.

“Rumah yang menjadi target pelaku biasanya dalam kondisi sepi dan pintu pagar tidak terkunci, pelaku saat ini dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, barang-barang curian dijual oleh pelaku untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”. jelas Kasat Reskrim.

Polisi masih mengembangkan informasi terkait lokasi-lokasi lain yang menjadi target pelaku, karena pelaku tidak memberikan informasi secara eksplisit mengenai lokasi tersebut.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1