72.34 F
Kepualauan Riau
Februari 27, 2024
https://www.regalianews.com

Modus Suami Istri Menipu Jastip Tiket Coldplay Diungkap Polda Metro Jaya

Hukum & Kriminal

Modus Suami Istri Menipu Jastip tiket Coldplay Diungkap Polda Metro Jaya
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Auliansyah Lubis,

Regalia News – Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua tersangka yang terlibat dalam penipuan jasa titip online atau “jastip” untuk menjual tiket konser Coldplay. Kedua tersangka adalah pasangan suami istri yang dikenal sebagai ABF (pria) dan W (wanita).23/05/2023.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Auliansyah Lubis, mengungkapkan bahwa para tersangka membuka layanan jastip dan meminta korban atau masyarakat umum untuk mentransfer biaya pemesanan sebesar Rp50.000 per tiket.

“Sebagai contoh, jika saya ingin membeli tiket agar menurut mereka saya tidak melarikan diri, saya diwajibkan untuk melakukan deposit atau mentransfer Rp50.000 terlebih dahulu,” jelasnya.

Selanjutnya, para tersangka menyampaikan melalui grup WhatsApp bahwa jika korban tidak membayar biaya Rp50.000 tersebut, tiket akan dibatalkan. Administrator grup tersebut teridentifikasi dengan nomor telepon 085219410867.

“Dengan informasi ini, korban atau masyarakat umum kemudian mentransfer uang kepada mereka menggunakan rekening bank yang mereka buat,” ujarnya.

“Mereka juga membeli rekening bank tersebut dari orang lain agar rekening tersebut tidak terkait dengan identitas mereka atau identitas para pelaku,” lanjutnya.

Setelah menerima dana dari korban, kedua tersangka segera mentransfer uang tersebut ke rekening asli milik mereka.

Sekitar 60 korban telah melaporkan kasus ini, dan kerugian total yang diperkirakan mencapai Rp257 juta.

Akibat tindakan mereka, kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45A ayat (1) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan/atau.

Pasal 378 KUHP, dan/atau Pasal 372 KUHP, dan/atau Pasal 3, Pasal 4, Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, yang mengancam dengan hukuman penjara di atas lima tahun.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1