79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Bea Cukai dan Polri Gagalkan Penyeludupan Sepuluh Ribu Pil Ekstasi

Hukum & Kriminal

Bea Cukai dan Polri Gagalkan Penyelundupan Sepuluh Ribu Pil Ekstasi di Bengkalis
Foto Istimewa

Regalia News – Bengkalis, 23 Oktober 2023 – Bea Cukai Bengkalis, bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Riau, Polda Riau, dan Polres Meranti, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis ekstasi.

Tindakan tersebut terjadi di Perairan Boya Patah Kabupaten Bengkalis pada tanggal 16 Oktober 2023, di mana petugas berhasil menyita 10.000 pil ekstasi dengan berat 3,38 kilogram.

Ariyadi Permana Hamdani, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Bengkalis, menjelaskan kronologi penindakan tersebut. Pada tanggal 15 Oktober, pihak Bea Cukai menerima informasi terkait pemasukan narkotika dari Malaysia ke wilayah perairan Bengkalis atau Meranti dengan tujuan Pekanbaru.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, lokasi masuk narkotika diketahui akan melalui perairan Sekodi Kabupaten Bengkalis menuju Perairan Kepulauan Meranti.

Tim laut dan tim darat dibentuk untuk melakukan penangkapan. Tim laut terdiri dari speed patroli BC 15048 dan Satgas Patroli Laut BC 9004 yang berjaga di Selat Panjang, sementara tim darat bersiaga di Tg. Buton, Kabupaten Siak.

Pada tanggal 16 Oktober 2023, petugas berhasil menangkap dua tersangka berinisial A dan FW di perairan Desa Sinunjung, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, serta seorang tersangka berinisial DF di Jalan Tanjung Mayat, Selat Panjang.

“Tersangka A merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) NIC Mabes Polri, Polda Riau, dan Resnarkoba Polres Jakarta Barat atas kasus penyelundupan 147 kg methampethamine pada tanggal 19 September 2023,” ungkap Ariyadi.

Berdasarkan keterangan tersangka, petugas memperoleh informasi bahwa ketiganya akan mengambil narkotika dari tersangka lainnya, berinisial U, di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia di Boya Patah, Kabupaten Bengkalis.

Tim gabungan melanjutkan pemantauan dan berhasil menemukan speedboat yang dikendarai U. Saat pengejaran, U membuang sebuah bungkusan plastik berwarna pink ke laut dan melarikan diri. Meskipun U berhasil melarikan diri, petugas berhasil mengamankan bungkusan tersebut yang berisikan pil berwarna biru diduga narkotika jenis ekstasi.

Pada tanggal 17 Oktober 2023, ketiga tersangka beserta barang bukti diserahkan ke Polda Riau untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mereka diduga melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Ariyadi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang turut berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan tugas Bea Cukai. Ia juga mengapresiasi jajaran POLRI dan instansi terkait lainnya di wilayah kerja Bea Cukai Bengkalis, yang melibatkan Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bea Cukai berkomitmen untuk terus mencegah masuknya narkotika demi melindungi masyarakat, mengingat narkotika telah menjadi ancaman nyata bagi keberlangsungan masa depan bangsa.

Editor : Abdullah

Sumber : Admin Web Bea dan Cukai

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1