79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Kemnaker: Peserta BPJS Ketenagakerjaan Sudah Dapat Klaim JKP

Nasional

Kemnaker: Peserta BPJS Ketenagakerjaan Sudah Dapat Klaim JKP
Foto Istimewa

Regalia News – Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui BPJS Ketenagakerjaan sepertinya menjadi langkah positif untuk memberikan perlindungan kepada pekerja/buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memenuhi persyaratan dapat melakukan klaim manfaat Program JKP per 11 Februari 2022. Manfaat yang diberikan termasuk uang tunai, informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja, berdasarkan perhitungan aktuaris, diperkirakan akan ada sekitar 629 ribu penerima manfaat JKP pada tahun 2022.

Meskipun belum diluncurkan secara resmi, Program JKP sudah berlaku dan peserta sudah dapat merasakan manfaatnya sejak tanggal 11 Februari 2022.

BPJS Ketenagakerjaan telah mulai membayarkan manfaat uang tunai kepada peserta yang telah melakukan klaim JKP. Hingga 18 Februari 2022, sudah ada sekitar 48 orang yang mengklaim manfaat JKP.

Peserta Program JKP harus merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang telah diikutsertakan dalam program jaminan sosial sesuai penahapan kepesertaan.

Persyaratan ini berlaku baik untuk usaha skala besar dan menengah maupun untuk usaha kecil dan mikro, untuk pertama kali pendaftaran, pekerja yang mendaftar belum boleh berusia 54 tahun.

Program JKP ini tampaknya bertujuan untuk memberikan bantuan kepada pekerja yang mengalami PHK, memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin bekerja kembali, dan memberikan perlindungan kepada pekerja dengan masa iur tertentu. Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para pekerja di Indonesia.

Sumber : HUMAS KEMNAKER

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1