83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 23, 2024
https://www.regalianews.com

Menkeu: Kinerja APBN Baik, Pemulihan Ekonomi Nasional Pun Membaik

Ekonomi

Menkeu: Kinerja APBN Baik, Pemulihan Ekonomi Nasional Pun Membaik
Menkeu Sri Mulyani (Foto: Dokumentasi Humas Setkab)

Regalia News – Kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia hingga Agustus 2021, dengan penekanan pada pemulihan ekonomi nasional, Pertumbuhan realisasi belanja mencapai Rp1.560,8 triliun atau tumbuh sebesar 1,5 persen, Belanja barang kementerian/lembaga sebesar Rp255,2 triliun, dengan pertumbuhan signifikan terutama dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Koperasi dan UKM.Kamis (23/09/2021).

Pemulihan Ekonomi Realisasi belanja modal sebesar Rp102,6 triliun menunjukkan upaya pemulihan kegiatan ekonomi produktif, Kementerian PUPR, Polri, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Perhubungan dominan dalam kenaikan belanja modal, dengan fokus pada pembangunan infrastruktur.

Manfaat Program Vaksinasi dan Bantuan Sosial, Program vaksinasi memberikan manfaat kepada masyarakat dengan jumlah suntikan vaksin pertama kepada 63,1 juta dan vaksin kedua kepada 35,9 juta orang, Bantuan kepada 11,8 juta pelaku usaha mikro, 453,28 ribu pasien COVID-19 yang mendapat biaya perawatan, dan 7,6 juta siswa sekolah Kemenag menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Realisasi Anggaran perlindungan sosial digunakan untuk penyaluran bantuan sosial, subsidi, dan bantuan pemerintah lainnya, Program Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan, Bantuan Sosial Tunai, Kartu Prakerja, subsidi upah, diskon listrik, dan BLT Desa telah disalurkan kepada jutaan kelompok penerima.

Peran APBN berperan utama dalam penanganan COVID-19, termasuk pengadaan vaksin, insentif untuk tenaga kesehatan, dan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional, Realisasi belanja subsidi mencapai Rp64,1 triliun untuk bahan bakar minyak, elpiji, listrik, dan konsumsi listrik.

Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat APBN memberikan kontribusi signifikan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk listrik, elpiji, bahan bakar, kredit usaha, dan pembelian rumah, terutama untuk masyarakat kurang mampu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan bahwa belanja negara ini dirancang untuk memberikan perlindungan langsung kepada masyarakat, dengan fokus pada pemulihan ekonomi, penanganan COVID-19, dan pemberian bantuan sosial.

Editor ; Abdullah

Sumber : HUMAS KEMENKEU/UN

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1