47.91 F
Kepualauan Riau
April 14, 2024
https://www.regalianews.com

Sekuriti Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Metro

Hukum & Kriminal

Sekuriti Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Metro Tangerang Kota
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho

Regalia News –¬†Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, mengumumkan bahwa timnya telah berhasil menangkap seorang sekuriti bernama BRG (26) yang terlibat dalam peredaran uang palsu di wilayah hukum Polsek Cipondoh, Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya. Barang bukti yang disita berupa uang palsu sebesar Rp 10.300.000.

Zain menjelaskan bahwa modus operandi pelaku melibatkan permainan lempar gelang di kawasan pasar malam. Pelaku kemudian membayar dengan uang palsu pecahan seratus ribu rupiah, yang diketahui oleh korban bernama A (27).

Penangkapan pelaku peredaran uang palsu dilakukan pada Sabtu malam, 20 Mei 2023, di Pasar Malam Cipondoh. Pelaku ditangkap oleh warga dan pedagang setelah menyadari bahwa uang yang dibayarkan oleh pelaku dengan pecahan seratus ribu rupiah adalah palsu.

Kapolsek Kompol Aryono, yang saat itu melakukan patroli rutin di area tersebut, langsung pergi ke lokasi dan menangkap pelaku. Selanjutnya, setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan uang palsu tambahan senilai Rp 1,4 juta di saku pelaku. Pelaku mengakui adanya uang palsu lainnya di rumah kontrakannya.

Akibatnya, polisi menemukan jumlah uang palsu lainnya sebesar Rp 8.900.000 dalam lemari pakaian dan kotak uang di kamar kontrakan pelaku di kawasan Batuceper. Total uang palsu yang disita dari pelaku adalah sebesar Rp 10.300.000 dalam pecahan seratus ribu rupiah.

Pelaku mengakui mendapatkan uang palsu tersebut melalui media sosial dengan cara membelinya secara online. Setiap pesanan dilakukan melalui nomor WhatsApp, dan pelaku tidak pernah bertemu langsung dengan penjualnya. Uang palsu tersebut dikirim melalui paket.

BRG menyebutkan bahwa dia hanya melakukan dua transaksi, dengan membayar Rp 3,5 juta melalui transfer untuk setiap pembelian uang palsu senilai Rp 10 juta.

Zain mengimbau masyarakat, terutama para pedagang kecil, untuk selalu waspada terhadap peredaran uang palsu. Dia menekankan pentingnya membedakan antara uang palsu dan asli untuk menghindari menjadi korban.

Pelaku akan dijerat dengan Pasal 245 KUHP dan Pasal 36 Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1