https://www.regalianews.com
Image default

Presiden RI Memimpin Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 Tahun 2023

Nasional

Regalia News – Pada tanggal 22 Juli 2023, di Badan Diklat Kejaksaan Republik Indonesia, Presiden RI Joko Widodo memimpin dan memberikan sambutan pada Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 dengan tema “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional.”

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan ucapan selamat Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 kepada seluruh keluarga besar Kejaksaan RI. Ia menekankan pentingnya bakti seluruh insan Adhyaksa dalam menegakkan hukum, menjunjung keadilan, dan berbakti untuk kemajuan Indonesia.

Presiden RI mengingatkan tentang kewenangan besar Kejaksaan yang meliputi penyidikan, penuntutan, perampasan dan pengembalian aset, serta kewenangan lainnya. Dia menekankan bahwa kewenangan tersebut harus dimanfaatkan secara benar, profesional, dan bertanggung jawab.

Presiden RI juga mengapresiasi tingkat kepercayaan publik yang terus meningkat terhadap Kejaksaan. Menurutnya, tingkat kepercayaan publik mencapai 81,2% pada Juli 2023, yang merupakan angka tertinggi dalam kurun 9 tahun terakhir.

Namun, dia juga mengingatkan agar tidak cepat berpuas diri dan terus bekerja untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Presiden RI memberikan pesan agar Kejaksaan melakukan transformasi terencana dan komprehensif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui perekrutan Jaksa yang selektif dengan pelatihan intensif, peningkatan standar etika, profesionalitas, dan integritas Jaksa.

Selanjutnya, Presiden RI menyoroti pentingnya pengembalian kerugian negara yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini dan berharap Kejaksaan terus meningkatkan kinerjanya untuk memperoleh kepercayaan masyarakat yang tinggi.

Presiden RI juga menekankan pentingnya meningkatkan efektivitas kerja, digitalisasi, pemanfaatan teknologi informasi, mempermudah akses masyarakat pada pelayanan hukum, meningkatkan keterbukaan informasi, serta merespons laporan-laporan masyarakat dengan baik.

Dia menekankan bahwa aparat Kejaksaan harus bersih dan akuntabel. Presiden RI meminta untuk terus memperbaiki akuntabilitas aparat dan pelayanan kepada masyarakat, serta menghindari tindakan tidak terpuji seperti penyalahgunaan wewenang.

Presiden RI juga menyoroti peran Jaksa sebagai pengacara negara yang penting dalam melindungi kepentingan negara, mencegah penyalahgunaan keuangan negara, dan mempertahankan serta mengembalikan aset negara, termasuk menyelesaikan sengketa tanah negara dan sengketa perdagangan internasional.

Menutup sambutannya, Presiden RI menyatakan bahwa amanat yang disampaikannya berlaku tidak hanya untuk aparat Kejaksaan, tetapi juga untuk seluruh aparat penegak hukum lainnya, termasuk Kepolisian Negara RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pengawas, dan auditor pada tingkat pusat dan daerah.

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Beserta Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Ketua Komisi Kejaksaan RI Barita Simanjuntak, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, serta beberapa purna Jaksa Agung dan purna Wakil Jaksa Agung.

Editor : Abdullah

Sumber : Kejaksaan Agung

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1