55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Menhan Prabowo Perkuat TNI Melalui Pembelian 24 Pesawat Tempur F-15EX Baru Dari AS

Manca Negara

Menhan Prabowo Perkuat TNI Melalui Pembelian 24 Pesawat Tempur F-15EX Baru Dari AS
Foto Istimewa

Regalia News – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX dari Amerika Serikat (AS).Selasa, 22 Agustus 2023.

Pesawat jet tempur F-15EX ini merupakan pesawat jet tempur generasi 4.5. Penandatanganan MoU ini dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri, dan Amerika Serikat memberikan kode khusus untuk Indonesia, yaitu F-15IDN.

Pada unggahan di akun Instagramnya, Menhan Prabowo menyatakan bahwa ini adalah penandatanganan MoU komitmen untuk pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX.

Dia juga terlihat menyaksikan penandatanganan MoU tersebut dan melihat unit pesawat tempur di kantor Boeing bersama pejabat Kemhan dan The Boeing Company.

Sebelumnya, pada November 2022, Menhan Prabowo mengonfirmasi bahwa rencana pembelian jet tempur F-15 sedang berada dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah. Pembicaraan tersebut juga termasuk pembicaraan antara Menhan Prabowo dan Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III.

Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, dan paket ini dianggap terjangkau. Proses negosiasi dianggap berjalan dengan baik.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan jet tempur F-15 beserta peralatan terkait kepada Indonesia pada Februari 2022. Pada saat itu, Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III, menyatakan dukungan AS untuk upaya modernisasi sistem pertahanan Indonesia.

Pesawat tempur F-15EX yang diproduksi oleh Boeing adalah versi terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah lama digunakan.

Pesawat ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemampuan muatan yang tinggi, kinerja mesin yang tinggi, struktur pesawat yang kuat, sistem avionik canggih, kemampuan survivabilitas, integrasi senjata yang luas, kemudahan dalam pemeliharaan, kemampuan multi-misi, dan konektivitas dengan sistem lain.

Semua keunggulan ini menjadikan F-15EX sebagai pesawat tempur canggih dan serbaguna dalam berbagai situasi pertempuran.

Hal ini menunjukkan upaya Indonesia untuk meningkatkan kemampuan pertahanan nasionalnya dengan mengakuisisi pesawat tempur modern dan canggih, seperti F-15EX, guna meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan pertahanan dalam berbagai jenis misi.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1