79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Ketua Dewan Pers Beberkan Kerawanan Kerja Jurnalis Dalam Pemilu

Nasional

Ketua Dewan Pers Beberkan Kerawanan Kerja Jurnalis Dalam Pemilu
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu

Regalia News – Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, mengakui bahwa kekerasan terhadap wartawan masih menjadi salah satu risiko utama yang dihadapi dalam tahapan Pemilu 2024. Pada sambutannya di Anev dan Koordinasi Fungsi Kehumasan Divisi Humas Polri, Jakarta, pada tanggal 21 November 2023, Ninik Rahayu menyatakan bahwa perlindungan wartawan dari kekerasan, khususnya dalam konteks pemilu, adalah suatu keharusan. Ia menekankan bahwa media memiliki peran penting dalam menjamin kelancaran dan terwujudnya Pemilu 2024 yang damai.

Ketua Dewan Pers juga menyoroti pentingnya pembentukan mekanisme respons untuk mencegah dan menangani kekerasan terhadap wartawan. Upaya ini dianggap sebagai langkah yang krusial untuk menjaga kebebasan pers dan memastikan bahwa media dapat beroperasi secara independen tanpa takut terhadap ancaman atau tindakan kekerasan.

Selain itu, Ninik Rahayu menekankan perlunya peningkatan literasi pers tidak hanya di kalangan wartawan tetapi juga di kalangan pemerintah daerah (pemda), aparat penegak hukum (APH), dan masyarakat umum. Peningkatan literasi ini diharapkan dapat membangun pemahaman yang lebih baik tentang peran dan fungsi media dalam demokrasi serta meningkatkan penghargaan terhadap kebebasan pers.

Dewan Pers sejak awal tahun 2023 juga telah menerima aduan terkait penghalang-halangan terhadap kebebasan pers yang dilakukan oleh aparat, partisipan partai politik, dan orang yang tidak dikenal. Hal ini menjadi perhatian serius sebagai upaya untuk mencegah peningkatan insiden semacam ini selama tahapan Pemilu 2024.

Melalui pernyataannya, Ketua Dewan Pers menegaskan perlunya tindakan konkret untuk melindungi wartawan, menjaga kebebasan pers, dan memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan damai.

Editor ; Abdullah

Sumber ; Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1