79.54 F
Kepualauan Riau
Maret 5, 2024
https://www.regalianews.com

Diduga,Pembukaan Rekening BLUD RSUD Kota Tanjungpinang di Bank Riau Kepri Tidak Prosedural

Hukum & Kriminal

Diduga,Pembukaan Rekening BLUD RSUD Kota Tanjungpinang di Bank Riau Kepri Tidak Prosedural
Foto Istimewa

Regalia News – Berdasarkan informasi yang diberikan, terdapat beberapa temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tanjungpinang Tahun 2019. Beberapa poin penting yang dapat diidentifikasi dari informasi tersebut adalah:

  1. Pembukaan Rekening RSUD pada Bank Riau Kepri:

    • BPK menyatakan bahwa pembukaan rekening RSUD di Bank Riau Kepri dengan nomor rekening 10-30-20040-4 yang atas nama Kasi Umum BLUD diduga tidak prosedural.
    • BPK berpendapat bahwa pembukaan rekening tersebut seharusnya melalui koordinasi dengan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD), bukan atas permintaan langsung RSUD.
  2. MoU antara Walikota dan PT BPD Bank Riau Kepri:

    • Pembukaan rekening RSUD didasarkan pada Memorandum of Understanding (MoU) antara Walikota dan PT BPD Bank Riau Kepri terkait kerjasama pelaksanaan implementasi transaksi non tunai.
    • Hasil konfirmasi kepada Kepala Bagian Keuangan RSUD menunjukkan bahwa pembukaan rekening ini sesuai dengan ketentuan dalam MoU.
  3. Surat Permohonan Pembukaan Rekening:

    • Kepala Bagian Keuangan RSUD Kota Tanjungpinang, melalui surat nomor 900/638/4.6.04/2019 tanggal 12 Agustus 2019, memohon pembukaan rekening Kas Umum dan Bendahara pengeluaran pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) kepada Pimpinan Cabang PT BPD Bank Riau Kepri.
  4. Koordinasi dengan PPKD:

    • BPK mengkritik bahwa pembukaan rekening seharusnya dilakukan atas permintaan PPKD, bukan langsung atas permintaan RSUD. Koordinasi yang lebih baik dengan PPKD dianggap lebih sesuai prosedur.
  5. Poin-poin Temuan pada LHP:

    • Temuan terkait pembukaan rekening RSUD menjadi salah satu poin dalam LHP atas LKPD Pemko Tanjungpinang 2019.

Hal ini menunjukkan adanya perbedaan pandangan antara BPK dan RSUD mengenai prosedur pembukaan rekening, di mana RSUD merujuk pada MoU sebagai dasar legal, sementara BPK berpendapat bahwa prosedur yang diikuti tidak sesuai. Disarankan untuk melakukan klarifikasi lebih lanjut dan mencari solusi yang dapat memenuhi tuntutan prosedur dan regulasi keuangan yang berlaku.

Penulis : Tim

Editor : Abdullah

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1