83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Gubernur DIY dan Kapolri Gelorakan Pemilu 2024 Damai

Politik

Gubernur DIY dan Kapolri Gelorakan Pemilu 2024 Damai
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X

Regalia News – Acara seni rupa dan pentas seni musik di Jogja yang dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bertujuan untuk merekatkan persatuan menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Gubernur DIY, Sri Sultan, dalam sambutannya menilai bahwa tahapan kampanye pemilu tahun ini berjalan kondusif di DIY, dengan masyarakat bersama-sama menjaga ketertiban dan terhindar dari gesekan.

Sri Sultan mengapresiasi ketertiban tersebut, khususnya di Jogja dan Indonesia pada umumnya, di mana tahapan kampanye berjalan tertib dan minim konvoi yang dapat menimbulkan gesekan sosial.

Dalam sambutannya di Titik Nol KM Yogyakarta, Sri Sultan mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan di tengah dinamika politik saat ini. Ia menekankan pentingnya sikap menghormati sebagai bentuk kerendahan hati kepada sesama manusia, terlepas dari pilihan politik masing-masing.Yogyakarta, Jumat (19/1/24).

Sri Sultan juga menekankan bahwa pemilu serentak Pemilu 2024 bukan hanya sebagai arena kontestasi politik semata, tetapi juga sebagai pembelajaran politik saling asah, asih, asuh untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi.

Ia berharap agar seluruh tahapan pemilu dilakukan secara damai dan bahwa pemilu bukan hanya tentang politik, melainkan juga sebagai olah budaya untuk meningkatkan mutu di masyarakat.

Gubernur DIY menyatakan harapannya agar pemilu serentak ini menjadi ajang pembelajaran politik yang memperkaya budaya demokrasi dan mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga perdamaian.

Ia juga menyoroti maraknya ujaran kebencian dan berita bohong menjelang hari pencoblosan, sementara mengingatkan perlunya pengendalian konflik sosial untuk menghindari intimidasi, provokasi, politik SARA, dan pencemaran nama baik.

Sri Sultan menutup sambutannya dengan seruan untuk mempromosikan kata damai dalam pemilihan serentak ini dan menggarisbawahi bahwa pemilu bukan hanya olah politik, tetapi juga olah budaya untuk memperkuat budaya demokrasi dalam masyarakat.

Editor ; Abdullah

Sumber ; Hymas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1