https://www.regalianews.com
Image default

Tersangka AS Alias Amel Berhasil Diamankan

Hukum & Kriminal

Regalia News – Penangkapan dan penetapan status tersangka terhadap AS alias Amel pada hari Kamis, 17 Agustus 2023, menunjukkan adanya keterlibatan dalam dugaan tindak pidana korupsi terkait kasus IUP PT. Antam Tbk di blok Mandiodo Konawe Utara. Berikut ini adalah ringkasan peristiwa tersebut:

Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, bekerja sama dengan Tim Intelijen Kejagung dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, berhasil menangkap tersangka AS alias Amel di Plaza Senayan pada tanggal 17 Agustus 2023.

Penangkapan AS alias Amel didasarkan pada laporan dari keluarga tersangka AA, yang juga merupakan tersangka dalam kasus korupsi di wilayah IUP PT. Antam Tbk di blok Mandiodo Konawe Utara.

Setelah penangkapan, AS alias Amel diperiksa di Gedung Bundar Kejaksaan Agung. Hasil pemeriksaan menetapkan AS alias Amel sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana menghalangi penyidikan.

Tersangka AS alias Amel diterapkan pasal 21 Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2001 jo Undang-Undang RI No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Akibatnya, AS alias Amel ditahan di rutan untuk kepentingan penyidikan selama 20 hari ke depan.

AS alias Amel diduga melakukan upaya untuk mengurus atau mencabut status tersangka AA terkait kasus korupsi. Dia juga diduga menerima suap sebesar 6 juta dari istri tersangka AA pada bulan Juli 2023. Uang suap tersebut disebut digunakan untuk kepentingan pribadinya.

AS alias Amel diduga mencoba bertemu dan meminta bantuan kepada beberapa pimpinan di lingkungan Kejaksaan dengan tujuan mengurus atau mencabut status tersangka AA.

Meskipun melakukan upaya untuk bertemu dengan pimpinan Kejaksaan, baik di pusat maupun di daerah, namun upaya tersebut tidak berhasil.

Peristiwa ini mencerminkan upaya melibatkan pihak ketiga dalam kasus korupsi dan menunjukkan keseriusan pihak berwajib dalam menindaklanjuti laporan dan mengatasi upaya penghalangan penyidikan.

Editor : Abdullah

Sumber : Kejaksaan Agung

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1