https://www.regalianews.com
Image default

Sinergi Antar Instansi Optimalkan Pengawasan Dalam Negeri

Nasional

Regalia News – Pada tanggal 30 hingga 31 Mei 2023, Kanwil Bea Cukai Banten menyelenggarakan kegiatan pembekalan mengenai ketentuan kepabeanan dan cukai untuk anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kodiklat TNI Serpong. Ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama antara Bea Cukai dengan aparat penegak hukum (APH) dan instansi terkait lainnya.

Kegiatan pembekalan ini merupakan dukungan pelaksanaan perjanjian kerja sama (PKS) antara Bea Cukai dan TNI Angkatan Darat (AD) terkait pendampingan TNI AD dalam tugas dan fungsi di bidang kepabeanan dan cukai.

Kegiatan pembekalan diikuti oleh peserta diklat Susjab Ormil XXX dan peserta Susjab Kimmil XXIV yang diselenggarakan di Pusat Pendidikan Pengembangan Spesialisasi (Pusdikbangspes) Kodiklat TNI. Materi yang diberikan dalam pembekalan mencakup ketentuan kepabeanan dan cukai, terutama dalam pengawasan, meliputi pengantar dan tindak pidana di bidang kepabeanan dan cukai.

Selain kegiatan pembekalan, Bea Cukai juga menjalin kerja sama dengan TNI AD melalui pengawasan bersama untuk menjaga Indonesia dari peredaran narkotika. Pada tanggal 15 Juni, Bea Cukai Merauke bekerja sama dengan Kanwilsus Bea Cukai Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon 725/WRG, dan Polres Boven Digoel berhasil menemukan ladang ganja seluas 0,2 hektar di Distrik Sesnuk, Kabupaten Boven Digoel.

Penemuan tersebut berawal dari informasi yang diterima dari masyarakat mengenai adanya ladang ganja di dalam hutan di sekitar KM 56 Distrik Sesnuk. Tim gabungan kemudian melakukan pemeriksaan dan berhasil menemukan ladang ganja tersebut.

Sinergi antarinstansi seperti ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam menjaga Indonesia dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya. Peredaran barang-barang ilegal tidak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga dapat merusak persaingan usaha yang sehat dan mengakibatkan kerugian penerimaan negara.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1