71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

Sidak Gudang Ikan di Pulau Setokok, Wahyu: Stok Mencukupi, Wacana Impor ‘Permainan’ Oknum

DPRD Kepri

Sidak Gudang Ikan di Pulau Setokok, Wahyu: Stok Mencukupi, Wacana Impor ‘Permainan’ Oknum
Pemerintah harus tegas dan jeli dengan fenomena ini

Regalia News – Situasi di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, di mana Komisi II DPRD Kepri melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terkait wacana Disperindag Batam untuk membuka impor ikan jenis benggol dan mata besar. Sidak ini dilakukan karena Disperindag berdalih bahwa stok di pasar kian menipis dan harga ikan tak terkendali.

Sidak ini menyikapi wacana Disperindag Batam membuka kran impor ikan jenis benggol dan mata besar. Disperindag berdalih stok di pasar kian menipis dan harga tak terkendali.Feb 21, 2023.

Hasil sidak menunjukkan bahwa di salah satu gudang ikan masih terdapat stok hingga 500 ton, yang diyakini masih mencukupi untuk konsumsi masyarakat Batam.

Ketua Komisi II DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin, menyatakan bahwa terdapat dugaan permainan dalam impor ini, karena stok lokal sudah mencukupi.

Sebelum melakukan sidak, Komisi II DPRD Kepri telah berkomunikasi dengan sejumlah pengusaha ikan dan menemukan bahwa stok ikan benggol dan mata besar masih mencukupi.

Pengusaha di Pulau Setokok bahkan telah mempersiapkan stok sekitar 1.400 ton sejak Desember 2022, mengantisipasi ketidakmungkinan melaut pada bulan tersebut.

Wahyu menekankan bahwa kapal nelayan kini sudah siap melaut, dengan perkiraan kembalinya ke Batam dalam 20 hari dengan stok tangkapan sekitar 300-400 ton per trip.

Ia juga mengingatkan bahwa ikan yang ada saat ini berasal dari Laut Natuna dan sudah diantisipasi dengan pemakaian mesin freezer di kapal untuk menjaga kesegaran.

Politisi PKS ini menyarankan agar Pemko Batam tidak tergesa-gesa mengambil keputusan untuk mengimpor ikan dari luar negeri, Sebagai langkah lebih lanjut, ia mendorong Pemko Batam untuk melakukan pengecekan langsung ke gudang penyimpanan ikan.

Untuk memastikan stok yang ada, Wahyu menekankan pentingnya pemerintah bersikap tegas dan jeli terhadap situasi ini serta melakukan pengecekan di lapangan.

Editor : Abdullah

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1