55.62 F
Kepualauan Riau
April 13, 2024
https://www.regalianews.com

Polri Tangkap Pimpinan KKB Pelaku Penembakan Anggota Polri

Hukum & Kriminal

Polri Tangkap Pimpinan KKB Pelaku Penembakan Anggota Polri
Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan

Regalia News – Dalam pernyataan resmi Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, disebutkan bahwa Polri telah menetapkan seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di daerah Yahukimo berinisial AS (25 tahun) sebagai tersangka.

Dalam kasus penembakan yang mengakibatkan kematian seorang anggota Brimob pada 30 November 2022. AS diduga berperan sebagai pemasok senjata api dan juga terlibat dalam penyerangan terhadap anggota Brimob tersebut.

Tersangka AS telah mengkonfirmasi bahwa orang yang terlihat dalam foto yang ada adalah pimpinan kelompok KKB yang dikenal dengan inisial KTH alias PH.

“Penangkapan AS didasarkan juga pada hasil pencarian data kependudukan melalui alat mambis yang menunjukkan bahwa tersangka pimpinan KKB, KTH alias PH, tinggal di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan”. ungkap Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan.

Dalam aksinya, kelompok KKB pimpinan KTH di Yahukimo melakukan beberapa kejahatan, di antaranya:

  1. Pembunuhan terhadap anggota TNI pada tanggal 4 November 2022.
  2. Penembakan terhadap Brigpol Usdar (Anggota Polres Yahukimo) yang mengakibatkan Brigpol Usdar meninggal dunia pada tanggal 29 November 2022.
  3. Penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada tanggal 30 November 2022.
  4. Penembakan terhadap Polres Yahukimo pada tanggal 30 Desember 2022.

Brigjen Ramadhan menyatakan bahwa pelaku penyerangan tersebut telah diidentifikasi, yaitu: KTH, YH, H, KH, MG, HH, MB, RH, EH, ES”. jelasnya.

Kelompok tersebut menggunakan berbagai jenis senjata, termasuk satu senjata rakitan laras pendek, satu senjata api jenis Mauser, 4 buah parang, dan 3 buah panah.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor LP/73/XI/2022/Papua/ResYahukimo tanggal 30 November 2022 tentang tindak pidana pembunuhan yang terjadi pada hari Rabu, 30 November 2022,

Selanjutnya telah terpenuhi dua alat bukti yang menunjukkan keterlibatan KTH alias PH dalam penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada tanggal 30 November 2022.

Editor : Abdullah

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1