71.13 F
Kepualauan Riau
Mei 24, 2024
https://www.regalianews.com

Optimalkan Asset Recovery, KPK Serahkan Aset Rampasan Negara

Hukum & Kriminal

Optimalkan Asset Recovery, KPK Serahkan Aset Rampasan Negara Senilai Rp13,6 Miliar kepada 3 Instansi Pemerintah
Foto Istimewa

Regalia News – Serah terima barang rampasan negara yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia pada tanggal 19 September 2023.

Pemanfaatan Barang Rampasan Negara KPK berkomitmen untuk mengelola barang rampasan negara secara efektif dan mengoptimalkan pengembalian aset yang diperoleh dari penanganan tindak pidana korupsi. Pemanfaatan barang rampasan negara diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

Upaya Pemberantasan Korupsi Selain memidana pelaku tindak pidana korupsi, KPK juga mengambil langkah perampasan aset yang terkait dengan tindak pidana tersebut sebagai upaya untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

Pada hari tersebut, KPK menyerahkan aset hasil rampasan dengan nilai total sekitar Rp13,69 miliar kepada tiga instansi, yaitu Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu), Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Aset yang diserahkan termasuk tanah beserta bangunan di Malang, Jawa Timur (Kemenkeu), sebuah bangunan di Surakarta, Jawa Tengah (LPSK), dan tanah beserta bangunan di Jakarta Selatan, DKI Jakarta, dan Kota Depok, Jawa Barat (LPSK). Selain itu, ada juga sebidang tanah dan mobil yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

Aset-aset tersebut merupakan hasil rampasan dari kasus-kasus tindak pidana korupsi yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan.

Mekanisme Penyerahan aset dilakukan melalui mekanisme Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dan hibah, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kontribusi KPK: Kementerian Keuangan menyambut baik penyerahan aset rampasan dari KPK dan menghargai kontribusi KPK dalam pemenuhan kebutuhan aset untuk pemerintahan.

Serah terima ini merupakan salah satu langkah penting dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia dengan mengelola aset hasil rampasan negara secara efektif untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan.

Editor : Abdullah

Sumber : Biro Hubungan Masyarakat

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1