83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

Kasus Penistaan Agama Panji Gumilang Tetap Diproses Meski Ada Pencabutan Laporan

Hukum & Kriminal

Kasus Penistaan Agama Panji Gumilang Tetap Diproses Meski Ada Pencabutan Laporan
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan(Foto Istimewa)

Regalia News – Kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Panji Gumilang di Pondok Pesantren Al-Zaytun memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Meskipun ada pencabutan laporan dari dua pelapor, yaitu saudara KS dan saudara MIT, pihak berwenang tetap memproses kasus ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, memberikan tanggapannya terkait kasus ini. Menurutnya, kasus ini tidak termasuk dalam delik aduan, sehingga proses hukumnya akan tetap berjalan meskipun ada pencabutan laporan dari beberapa pihak.

Brigjen Ahmad Ramadhan juga menegaskan bahwa kasus ini tidak dapat diselesaikan dengan pendekatan restorative justice, yang berarti bahwa penegakan hukum secara formal akan terus dilanjutkan. Hal ini menunjukkan komitmen pihak berwenang untuk menindaklanjuti kasus ini dengan serius.

Penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri telah menetapkan Panji Gumilang sebagai tersangka. Berkas perkara sudah dilengkapi dengan keterangan tambahan dari lima saksi dan satu ahli. Panji Gumilang dijerat dengan beberapa pasal, termasuk Pasal 14 Ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1946, Pasal 45A Ayat 2 Juncto Pasal 28 Ayat 2 UU ITE, dan Pasal 156A KUHP. Ancaman hukuman maksimal dalam kasus ini adalah 10 tahun penjara.

Pihak berwenang, termasuk penyidik dan jaksa penuntut umum, terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam proses hukum ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Meskipun ada pencabutan laporan, kasus ini tetap menjadi perhatian publik dan akan terus dipantau perkembangannya.

Editor : Abdullah

Sumber : Humas Mabes Polri

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1