83.14 F
Kepualauan Riau
Februari 22, 2024
https://www.regalianews.com

BNN dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dan Yaba dari Thailand

Hukum & Kriminal

BNN dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dan Yaba dari Thailand
Foto Istimewa

Regalia News – Pada tanggal 18 Agustus 2023, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) mengadakan konferensi pers di Gedung Tan Satrisna BNN RI di Jakarta.

Dalam konferensi pers ini, mereka mengumumkan hasil pengungkapan lima kasus peredaran gelap narkotika, salah satunya melalui kerja sama dengan Bea Cukai. Salah satu operasi penindakan narkotika dilakukan pada tanggal 30 Juli 2023 di Perairan Lhokseumawe, Aceh.

Dalam operasi ini, tim gabungan dari BNN dan Bea Cukai berhasil mengamankan dua tersangka dengan inisial Az dan Wa. Keduanya ditangkap ketika sedang membawa narkotika dari Thailand menuju Aceh melalui jalur laut menggunakan kapal kecil jenis Oskadon.

Saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan 10.617 gram sabu yang dikemas dalam sepuluh bungkus teh berwarna kuning, serta 61.200 butir sabu tablet (yaba) yang terbagi dalam 31 bungkus plastik.

Berdasarkan penangkapan ini, tim petugas melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan dua tersangka lainnya, yaitu MH dan ZH, di Kota Lhokseumawe, Aceh, pada tanggal 31 Juli 2023.

MH berperan sebagai perantara atau kurir yang diperintahkan untuk menerima paket narkotika, sedangkan ZH adalah orang yang bertanggung jawab menyiapkan kapal untuk mengambil narkotika di perbatasan Thailand.

Encep Dudi Ginanjar, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, menyatakan bahwa Bea Cukai berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya, termasuk BNN, dalam upaya pemberantasan peredaran narkotika.

Upaya ini bukan hanya untuk melindungi masyarakat, tetapi juga untuk mendukung perekonomian yang efektif dan kontributif.

Hal ini karena perdagangan gelap dan penyalahgunaan narkotika dapat berdampak negatif pada sektor sosial, ekonomi, ketertiban, dan keamanan, serta dapat menyebabkan kerugian keuangan negara.

Editor ; Abdullah

Sumber ; Admin Web Bea dan Cukai

 

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1