44.49 F
Kepualauan Riau
Maret 29, 2024
https://www.regalianews.com

Mentan Gandeng Stafsus Presiden Luncurkan Program Petani Milenial di Papua Barat

Pertanian

Mentan Gandeng Stafsus Presiden Luncurkan Program Petani Milenial di Papua Barat
Kita akan terus berkoordinasi dengan Kementan untuk melakukan pelatihan, pengolahan lahan, permodalan, dan pemberian teknologi kepada anak-anak muda asli Papua.

Regalia News – Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar meluncurkan Program Petani Milenial Provinsi Papua Barat di Swiss-Belhotel, Manokwari, Provinsi Papua Barat, pada Kamis (20/05/2021). Dalam sambutannya, Mentan menegaskan komitmen Kementerian Pertanian untuk mendukung peluncuran Program Petani Milenial di Papua Barat, sebagai bagian dari komitmen lebih luas untuk membentuk 100 ribu petani milenial di seluruh Indonesia.

Program ini adalah upaya nyata dalam mendukung komitmen Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pemuda Indonesia. Stafsus Presiden Billy Mambrasar, yang berasal dari Papua, juga turut aktif dalam mendukung percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat.

Peluncuran Program Petani Milenial Provinsi Papua Barat, yang melibatkan Komunitas Papua Muda Inspiratif dan Pemerintah Provinsi Papua Barat, mendapatkan sambutan antusias dari pemuda asli Papua. Dalam waktu singkat setelah peluncuran, lebih dari 1.023 pemuda mendaftar untuk bergabung dengan program ini melalui tautan online.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, menyambut positif peluncuran program ini dan menyatakan dukungan penuhnya. Ia berharap adanya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong pelaksanaan Program Petani Milenial ke depannya.

Sektor pertanian memiliki peran penting dalam menyerap tenaga kerja di Papua Barat, mencapai hampir 24 persen dari total tenaga kerja di provinsi tersebut. Oleh karena itu, harapan Gubernur Dominggus Mandacan adalah agar lebih banyak pemuda asli Papua terlibat dalam sektor pertanian.

Dirjen Tanaman Pangan Kementan Suwandi, yang turut hadir secara virtual, mendukung petani milenial Papua Barat untuk melaksanakan program pengembangan tanaman pangan. Ia juga mendorong pembentukan korporasi petani yang dikelola oleh pemuda asli Papua dan pemuda lainnya di Papua Barat.

Para pemuda yang terlibat dalam Program Petani Milenial ini akan mendapatkan pelatihan dan akses ke fasilitas pertanian dari pemerintah dan swasta. Koordinator Gerakan Papua Muda Inspiratif Wilayah Papua Barat, Simon Tabuni, menegaskan komitmennya untuk terus berkoordinasi dengan Kementan dalam memberikan pelatihan, permodalan, dan teknologi kepada pemuda asli Papua yang terlibat dalam program ini.

Peluncuran Program Petani Milenial Provinsi Papua Barat dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Gubernur Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Hermus Indou, Anggota DPD RI Yance Samonsabra, Dirjen Tanaman Pangan Kementan Suwandi, serta Koordinator Sekretariat Desk Papua Aruminingsih. Perwakilan masyarakat sekitar 220 orang juga turut hadir secara virtual.

Sumber : TIM STAFSUS PRESIDEN BILLY MAMBRASAR/UN

Baca Disini

Leave a Comment

Leave a review

https://www.regalianews.com
Regalia News
regalianews.com UA-174246026-1