https://www.regalianews.com

Aspidsus Kejati Kepri Ada Kemungkinan Tersangka Baru

Hukum & Kriminal

Regalia News – Saksi Fredy Johanes terkait mendapatkan manfaat dari kasus IUP Bouksit yang menerima bayaran sebanyak 10 Miliar rupiah, ada fakta baru dalam persidangan , hal tersebut terungkap dalam dimasa.persidangan beberapa waktu yang lalu.

Sementara status Ferdy Johanes masih sebagai saksi, telah mendapat tanggapan dari Aspidsus Kejati Kepri, terkait pengembalian uang tersebut dan statusnya dalam perkara IUP Bouksit,masih lagi sebagai saksi,yang telah mengembalikan uang tersebut sebanyak 7.5 Miliar rupiah, dari pemanfaatan lahan sebesar 10 miliar yang diterimanya.

“Dimasa persidangan terungkap adanya kerugian negara dari pemanfaatan lahan tersebut ,Ferdy Johanes mendapat bayaran dari lahan yang dimilikinya sebesar10 Miliar rupiah,uang yg diterimanya termasuk kerugian negara, sehingga hakim memerintahkan untuk mengembalikan uang tersebut, karena siapapun yang mendapatkan keuntungan dari kasus ini, itu ada kewajiban untuk mengembalikannya,”terang Aspidsus Kejati Kepri setelah sidang Tuntutan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Kamis (18/02/21).

“Jelasnya lagi walaupun status Fredy Johanes masih saksi, tapi dia sudah mengembalikan kerugian negara,sebesar 7.5 milayar rupiah,masih tersisa 2.5 milyar rupiah”.

“Dalam kasus ini kita akan terus mendalami dan tidak sampai disini saja, apalagi ada fakta atas kepemilikan Tanahnya tersebut, termasuk juga pihak kecamatan dan kades, juga akan kita dalami semuanya, apalagi ada faktor mens rea (sikap batin pelaku ketika melakukan tindak pidana), mereka mendapatkan keuntungan dan ada dua alat bukti karena dalam mempidanakan seseorang harus ada faktor tersebut ,” tambanya.

‘Namun begitu, jika ada dua alat bukti, kita akan cepat dorong kasus tersebut, dan tidak menutup kemungkinan saksi – saksi yang pernah kita periksa dahulunya juga bisa di jadikan tersangka karena semua bisa terjadi kalau alat buktinya telah terpenuhi,” uangkapnya

Sementara itu selama masa persidangan sudah ada pengembalian dari para tersangka sebesar 8 miliar 30 juta , hal tersebut akan dipertimbangkan dalam tuntutan, jaksa juga melakukan permohonan penyitaan, namun nanti kalau sudah ada pelaksanaan penyitaan akan dilakukan pres rilis di kantor Kejati Kepri.

“Setelah terbitnya surat penetapan penyitaan, sementara masalah pengembalian sudah dilakukan oleh 5 terdakwa dengan pengembalian ada jumlah besar dan kecil ,” Pungkasnya.

Penulis : Abdullah

Related posts

Leave a review

https://regalianews.com

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

UA - 174246026 - 1