https://www.regalianews.com

Pemko Tanjungpinang Launching Sikancil

Bagi masyarakat yang tidak mempunyai HP Android, maka Disdukcapil Kota Tanjungpinang tetap membuka pelayanan dengan tatap muka.Jum’at (4/9/2020)

Regalia News -Sistem Informasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melancarkan aplikasi sikancil yang dikembangkan Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui  Dinas Kependudukan Dan pencatatan sipil, untuk memudahkan masyarakat umum mengurus Dokumen Kependudukan.

Aplikasi tersebut diterapkan sebagai bentuk upaya pemerintah,untuk memudahkan semua urusan masyarakat terkait dengan data kependudukan, seperti Kartu Keluarga (KK) Akta Kelahiran,Akta Perkawinan,dan Akta Kematian,yang dapat di akses masyarakat , melalui sikancil.

Pelayanan Sikancil dibagi menjadi 4 bagian antara lain, pelayanan Kartu Keluarga Akta Kelahiran,Pernikahan,Kematian dan pelayanan E-KTP.hal ini di jelaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjugnpinang Saat mealunching aplikasi, Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Sikancil), Pada Jum’at (4/9/2020) siang.

Irianto mengatakan,masyarakan bisa mengakses aplikasi sikancil, dalam mengurus berkas yang penting, seperti Kartu Keluarga , Kartu Tanda Penduduk dan lain-lain melalui sistem online,bahkan Kadisduk Capil Tanjungpinang itu menuturkan, jika ada masyarakat yang ingin mencetak KK, Akta maka bisa mencetak dirumah,karena, lanjut Irianto sekarang mencetak bisa menggunakan ketas HVS A4 ukuran 80 Grm,sesuai dengan peraturan Mentri (Permen) 109 pasal 12.

Pencetakan KK menggunakan HVS,disebutkan Irianto,sesuia dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang meminta agar seluruh jajaran Dukcapil memberikan pelayanan yang mudah dan di pasal 21,bahwa pelaksanaan mengunakan Hvs A4. sudah diterapkan sejak 1 juli.2020.

Dengan adanya aplikasi sikancil, masyarakat tidak perlu membuang waktu untuk datang berbondong-bondong ke Kantor Disdukcapil mengurus dokumen kependudukan seperti KK, Akta Kelahiran dan lainnya.

”Ini baru pertama di Pemko Tanjungpinang, jadi masyarakat kita tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil, antre mengurus akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, atau kartu keluarga, bahkan bisa cetak sendiri dirumah saja,”

Irianto SH menururkan, berbeda dengan pencetakan E-KTP dan KIA tidak bisa dicetak dirumah, harus di cetak di Kantor Disdukcapil Tanjungpinang,karena kedua dokumen tersebut wajib mengunakan belangko, bukan kertas.”namun bagi masyarakat yang tidak mempunyai HP Android, maka Disdukcapil Kota Tanjungpinang tetap membuka pelayanan dengan tatap muka”.

Sementara Asisten 1 bidang, Tamrin Dahlan Msi,mengaku paling suka dengan opini publik,sejak april  2020, dan ia memuji kinerja Disduk Capil Kota Tanjungpinang, yang kini banyak  informasi baru yang kita rasakan walau pun dalam masa pandemi Covid-19,termasuk dalam melaunching, Sikancil sebagai pelayanan moderen bagi masyarakat.tutupnya.

Editor : Redaksi

Related posts

Leave a review

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini:
UA - 174246026 - 1