https://www.regalianews.com

Bupati Karimun Resmikan Gedung Baru Puskesmas Meral

Masih ada 4 Puskesmas yang belum terbangun, tetapi pada tahun 2020, sejumlah prasarana sudah bisa dilengkapi seperti ambulan, kendaraan bermotor roda dua, sarana transportasi laut dan alat kesehatan,Sabtu (18/7/2020).

Regalia News – Gedung UPTD Puskesmas Meral yang telah dioperasikan pada pertengahan Januari 2020 lalu, akhirnya diresmikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Sabtu (18/7/2020).

Aunur Rafiq mengatakan, sudah meresmikan tiga Puskesmas dan hari ini, meresmikan gedung baru Puskesmas Meral, yang sangat dinantikan masyarakat.

“Awalnya Puskesmas Meral adanya di pasar lama dan itu sudah berdiri sejak tahun 1983,lalu dilakukan ruislag dipindahkan ke bukit tembak dan karena Puskesmas tersebut sudah tidak representatif lagi, maka melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dibangunlah gedung baru Puskesmas Meral yang saat ini diresmikan,” jelas Rafiq.

Gedung baru Puskesmas Meral ini menelan anggaran sebesar Rp 9 miliar yang tentunya lengkap dengan sarana dan prasarana mulai dari bangunan gedung induk, kendaraan bermotor, peralatan medis, mesin genset, Ipal dan lain sebagainya.

Menurutnya, sekarang ini sudah ada 9 gedung Puskesmas baru yang dibangun di sejumlah kecamatan di Kabupaten Karimun yang tipe bangunannya hampir sama semua bentuknya. “dengan adanya Puskesmas yang sudah baik, harus menyiapkan konsep-konsep pelayanan yang baik dan optimal,” tegas Rafiq.

Aunur Rafiq berharap pimpinan Puskesmas yang berprestasi dan baik, nantinya akan persiapkan sebagai pimpinan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani Tanjung Balai Karimun atau rumah sakit tipe D di Tanjung Batu.

Terpisah Rahmadi, Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun mengatakan, Puskesmas merupakan pusat kesehatan masyarakat, bukan pusat orang sakit dan berbeda dengan rumah sakit. “di Puskesmas yang datang bukan hanya orang sakit, tetapi juga orang sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Puskesmas mempunyai fungsi dua pokok yakni pertama upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan Upaya kesehatan Perorangan (UKP).

Ia menjelaskan, sementara jumlah tenaga di Puskesmas Meral ada sebanyak 66 orang yang terdiri dari ASN 36 orang, honor kontrak 22, PTT 6 yaitu 3 dokter dan 3 bidan serta honor BUK ada 2. dimana sejak mulai dioperasikan Puskesmas Meral ini setiap hari dikunjungi 110 orang tetapi sempat anjlok pada saat Pandemi Covid-19.

Rahmadi menambahkan, pembangunan gedung baru Puskesmas Meral yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) memiliki sarana prasarana penunjang yang cukup lengkap diantaranya meliputi gedung induk, gedung pertemuan, kendaraan roda dua 6 dan roda 4, genset, instalasi Ipal, air bersih dan alat kesehatan yang cukup lengkap.

Ungkap Rahmadi, dalam masa jabatan bapak Bupati selama 4 tahun ini sudah ada 9 Puskesmas yang dibangun dengan tipe seperti ini, yakni di Kecamatan Meral, Tebing, Kundur, Buru, Durai, Tanjung Berlian, Ungar, Meral Barat dan Belat yang tahun ini sedang dibangun.

“Masih ada 4 Puskesmas yang belum terbangun, tetapi pada tahun 2020, sejumlah prasarana sudah bisa dilengkapi seperti ambulan, kendaraan bermotor roda dua, sarana transportasi laut dan alat kesehatan,” jelasnya.

Dalam peresmian Puskesmas Meral ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS, kendaraan bermotor roda dua dan roda 4. Hadir dalam acara peresmian Puskesmas Meral, Bupati Karimun Aunur Rafiq; Ketua PKK Kabupaten Karimun, Hj Raja Asmah Aunur Rafiq; Anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani; Sulvanof Putra dan Dr Awang Lim serta Direktur RSUD Muhammad Sani.

Acara peresmian Puskesmas Meral ditutup dengan foto bersama Bupati Karimun dan dilanjutkan dengan meninjau Puskesmas Meral yang baru saja diresmikan.

Sumber : Hb.

Editor    : Redaksi

Related posts

Leave a review

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini:
UA - 174246026 - 1