Regalia News
Home » Kinerja Oknum Petugas Covid-19 Karimun Dipertanyakan

Kinerja Oknum Petugas Covid-19 Karimun Dipertanyakan

Seorang anggota TNI AL yang Menyelesaikan pembicaraan ini, beliau menjelaskan bahwa ketua satgas pengendalian transportasi laut dan udara Covid -19 Kabupaten Karimun adalah bapak Danlanal Karimun.

Regalia News – Kinerja salah seorang oknum petugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Karimun berinisial BB dipertanyakan,karena diduga melakukan tindakan yang berlebihan,bahkan terkesan sedikit aroga dan tidak sesuai dengan kapasitasnya dalam melaksanakan tugas.

Kondisi ini terlihat saat kejadian di pelabuhan Domestik Karimun pada tanggal 08 Juli 2020 sekitar jam 15.35 WIB,ketika wartawan media ini yang biasa bertugas liputan di Karimun tiba dari Batam menggunakan kapal,Mikonatalia,lalu berjalan bersama penumpang lain mengikuti petunjuk sesuai aturan yang berlaku dalam hal percepatan penanganan Covid-19.

Hal itu juga sesuai ketentuan SK Bupati Karimun nomor 01 tahun 2020 tentang pembentukan satuan tugas pengendalian transportasi laut dan udara untuk pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Karimun.

Namun setelah tiba di pelabuhan tersebut, tiba-tiba seorang oknum petugas pendataan indentitas diri dan penandatanganan isolasi mandiri Covid-19 Kabupaten Karimun meminta wartawan media ini berinisial HB mengikuti aturan sesuai dengan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker dan menunjukkan surat keterangan RTD,surat keterangan sehat dan surat hasil pemeriksaan Laboraturium sesuai dengan masa berlakunya 14 hari terhitung dari diterbitkannya / dikeluarkannya surat tersebut oleh salah satu tempat pengecekan kesehatan Covid-19,

Di saat bersamaan seorang oknum lainnya yang bertugas menerima data identitas diri surat tersebut dengan inisial BB,langsung mengambil surat penumpang HB dan menyampakkannya tanpa melakukan sesuai dengan tugas pendataan yang berlaku seraya berkata “orang keras Karimun tidak perlu didata, biarkan saja dia keluar.”

Selaku penumpang,awak media ini merasa tidak terima diperlakukan tidak adil,sehingga sempat terjadi keributan,lalu awak media ini diamankan dan diantar pulang oleh salah seorang petugas pelabuhan.

Beberapa menit kemudian setelah awak media ini diantar pulang ke rumah, karena merasa tidak puas, lalu berusaha kembali ke pelabuhan untuk menghampiri petugas yang ada, terutama menemui oknum petugas berinisial BB tersebut,dengan tujuan mempertanyakan kapasitas tugasnya yang saat itu sempat terlihat duduk di meja dan menjadi pertugas pendataan kependudukan identitas diri dan penandatanganan isolasi mandiri.

Kemudian awak media ini pun berusaha melontarkan pertanyaan kepada BB tentang tugas sebagai apa dia disini dan siapakah ketua tim Satgas?”

Disaat pembicaraan ada salah seorang anggota TNI AL yang menyelesaikan pembicaraan ini,beliau menjelaskan bahwa ketua satgas pengendalian transportasi laut dan udara Covid -19 Kabupaten Karimun adalah bapak Danlanal Karimun,lalu awak media ini pun menyampaikan akan berkoordinasi langsung dengan bapak ketua Danlanal Karimun tersebut.

Disamping itu ada juga beberapa kawan-kawan media lain dan salah satu ketua LI BAPAN kepala perwakilan Provinsi Kepulauan Riau bapak Ahmad Iskandar Tanjung menyaksikan dan menjelaskan beliau memberitahu bahwasannya ia juga pernah menyaksikan kejadian serupa sebanyak 2 kali.

Salah satu perkerja yang ada di pelabuhan yang tidak ingin disebutkan namanya berinisial Ij memberikan keterangan bahwa oknum petugas yang bersangkutan memang sifatnya seperti itu “tempramental’ dan beliau masih kerabat Bupati Karimun dan kejadian inipun sering terjadi.

Sementara berdarkan SK Camat Karimun nomor 28 tahun 2020 tentang satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 Kecamatan Karimun karena hanya berada di wilayah kerja pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun masih dibawah pengawasan Camat Karimun memberi masukan kejadian ini yang sering terjadi tetapi sekarang berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor PM.18 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19 (berita Negara Repubik Indonesia tahun 2020 nomor 361).

Hal ini juga sesui surat edaran Menteri Perhubungan nomor SE 19 tahun 2020 tentang petunjuk operasional transportasi laut dan udara untuk pelaksanaan pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 semua untuk saat ini ditangani ketua Danlanal Karimun jadi sebaiknya berkoordinasilah dengan Danlanal Karimun

Sekedar diketahui, bahwa awak media ini disamping jurnalis, juga bertindak selaku Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang ada di Kabupaten Karimun,Provinsi Kepualauan Riau dan memberi masukan sesuai tugas dan wewenang dalam penanganan Covid -19 supaya tim gugus tugas Covid -19 yang telah dibentuk benar-benar melakukan,sebagai berikut :

1. Menempatkan petugas seusai dengan tupoksi masing-masing
2. Melibatkan petugas pemerintah daerah yang mengerti tentang gugus tugas COVID -19 seperti :
1. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun
2. Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun
3. Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun
4. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karimun
5.Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karimun
3. Memberikan pemahaman dan pelayanan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur)
4. Menjaga ketertiban dan keamanan di pelabuhan domestik maupun internasional Karimun
5. Bagi yang tidak berkepentingan diharapkan tidak mencampuri urusan yang sifatnya memerlukan keahlian khusus
6. Memberi kesempatan pekerjaan untuk masyarakat Kabupaten Karimun tanpa memandang kedekatan maupun kekerabatan sesuai dengan keahiliannya
7. Menjalankan standar satuan harga (SSH) sesuai dengan posisi yang ditempatkan berdasarkan SK Bupati Karimun
8. Mengganti oknum petugas yang sifatnya tidak mengikuti SOP (Standar Operasional Prosedur) dan bersifat arogan.

Setelah berita ini diunggah ketua tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun selaku ketua tim Bupati Karimun belum menanggapi berita yang disampaikan melalui pesan Whatsapp melalui ajudan Bupati Karimun. (Tim)

Related posts

Rekrutmen Jabatan Komisaris PD. BPR Karimun

Redaksi

Perjanjian Kinerja OPD Kabupaten Karimun

Redaksi

Penerima Sembako Seluruh Masyarakat yang Terdata dan Ikut PKH

Redaksi

Leave a review

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

G-FG4C2SQVS1